Mohon tunggu...
PRASETIO AJI
PRASETIO AJI Mohon Tunggu... Human Resources - APARTMENT GREEN PRAMUKA CITY

SEORANG BLOGGER DI JAKARTA

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Ini Dia Kronologi Modus Baru Penipuan Rekrutmen, Waspadalah!

18 Januari 2020   21:38 Diperbarui: 18 Januari 2020   21:42 3345
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mencari pekerjaan merupakan hal yang wajib dilakukan agar mendapatkan penghasilan untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup. Selain itu, tujuan lain mendapatkan pekerjaan adalah untuk meningkatkan kualitas hidup.

Seiring berkembangnya zaman, peningkatan kualitas hidup diperlukan agar tidak menjadi orang yang tertinggal. Peningkatan kualitas hidup ini dapat ditingkatkan melalui kemampuan mengenyam pendidikan, kemampuan untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang baik, dan kemampuan finansial yang dapat diperoleh dengan bekerja. 

Untuk itu, mencari pekerjaan membutuhkan usaha keras dan kesabaran sampai mendapatkan pekerjaan. Namun, kita harus hati hati dalam mencari pekerjaan karena ada beberapa oknum yang memanfaatkan kemauan orang lain untuk bekerja dengan membuka lowongan kerja palsu seperti yang pernah saya alami.

Orang-orang datang dari jauh, siapapun mereka pasti manusia biasa. Saya mengalami penipuan berkedok lowongan pekerjaan pada tanggal 27 Desember 2019.

Saya memperoleh informasi lowongan pekerjaan melalui internet pada tanggal 25 Desember 2019, saya mendapatkan jadwal interview keesokan harinya pada tanggal 30 Desember 2019.

Saat itu saya dihubungi melalui telepon dari yang disebut PT. sinarmas di perusahaan tersebut. Akhirnya, saya menyiapkan berkas lamaran kerja dan berangkat interview pada jam 10 pagi sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Sesampainya di PT. Bizzy Indonesia saya memberikan berkas lamaran lalu menunggu untuk dipanggil interview. Jam 10 lebih saya dipanggil dan melakuan interview, saat interview saya curiga karena interviewnya tidak meyakinkan sama sekali.

Selanjutnya karyawan HRD yang mewawancara saya tadi tidak menjelaskan tentang pekerjaan yang harus saya lakukan. Setelah itu interview selesai dan saya pulang.

Jadi ciri lowongan kerja PALSU itu sebenarnya mudah dilihat. Jika info bukan dari pimpinan perusahaan yang sembunyi dibalik kepalsuannya. Saya menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati hati dan waspada agar tidak terperdaya oleh segala bentuk PENIPUAN.

Informasi ini diharapkan menjadi klarifikasi kepada publik agar tidak mempercayai informasi yang menyesatkan tersebut. Jangan sampai orang butuh kerja malah menjadi korban orang orang SINTING!

Dari pengalaman ini, saya menyarankan untuk lebih berhati-hati dalam mencari pekerjaan, telusuri betul informasi tentang perusahaan yang akan dituju sebagai tempat melamar kerja. Mohon maaf dan terima kasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun