Mohon tunggu...
pra santiizdihar
pra santiizdihar Mohon Tunggu... Mahasiswa

S1-GIZI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Apa Penyebab Perbedaan dan Beragamnya Bahasa di Seluruh Dunia?

7 November 2020   15:47 Diperbarui: 7 November 2020   16:07 296 0 0 Mohon Tunggu...

Di dunia ini terdapat kurang lebih 195 negara, dan setiap negara  tentunya memiliki bahasa yang berbeda-beda. Diperkirakan terdapat lebih dari 7000 bahsa yang ada di dunia. Mengapa bahasa memiliki keanekaragaman dan jumlahnya yang banyak? Bagaimanakah asal muasal munculnya bahasa?

Bahasa digunakan atau muncul setelah peradaban atau zaman batu. Awal mulanya manusia berkomunikasi melalui gesture tubuh saja dan pengucapan singkat yang belum jelas. Namun setelah otak manusia mengalami evolusi, manusia lebih mengerti hal-hak yang lebih kompleks. Jadi saat itulah manusia mulai menamai benda-benda di sekitarnya secara spontan seperti misalnya meniru dari sumber suara benda tersebut. Setelah itu manusia berkembang dan dapat menamai 2 atau lebih benda sekaligus dari gabungan nama benda masing-masing.

Bahasa bisa beraneka ragam karena pada zaman dahulu nenek moyang kita melakukan migrasi dari tempat satu ke tempat lain untuk mencari makanan agar dapat bertahan hidup. Kemudian, nenek moyang kita terpisah di beberapa wilayah dan menciptakan bahasa baru disesuaikan dengan keadaan alam, makanan, dan maklhuk lainnya yang ada disekitarnya. Jadi dengan nenek moyang kita berisolasi dari tempat ke tempat yang berbeda-beda muncullah berbagai macam ragam bahasa. 

Terdapat bebberapa faktor yang dapat mempengaruhi keberagaman bahasa. Yang pertama faktor jarak atau tempat. Dengan jarak yangdekat antar wilayah satu dengan wilayah lain penggunaan kata bahasa biasanya terdapat kemiripan kemudian terciptalah bahasa-bahasa baru. Begitupula sebaliknya ketika jarak wilayah satu dengan lainnya sangat jauh, bahsa yang digunakan pun akan sangat berbeda.

Yang kedua faktor budaya. Perbedaan kultur kebiasaan penduduknha dapat mempengaruhi perbedaan bahasa setiap wilayahnya. Apalagi Indonesia memiliki banyak pulau dan di pulau tersebut terdapat banyak wilayah juga dan setiap wilayah memiliki kebiasaan tersendiri dari situlah mengapa bahasa memiliki keragaman. 

Selanjutnya faktor sejarah. Seperti yang kita ketahui, di dunia ini memiliki banyak negara dan negara tersebut pasti memiliki sejarah yang berbeda-beda. Seperti misalnya Sejarah terbentuknya wilayah nusantara tentu berbeda dengan yang lain. Wilayah nusantara umunya menggunakan bahasa Melayu, pada saat nusantara terbagi menjadi beberapa wilayah negara tentunya setiap negara tersebut membentuk atau mengembangkan bahasa baru dari bahasa Melayu.

Faktor yang terakhir yakni perbedaan demografi. Setiap wilayah pasti memiliki dataran yang berbeda. Seperti wilayah pegunungan, pantai, dataran rendah, dataran tinggi, dan wilayah perhutanan. Pada umumnya penduduk yang tinggal di wilayah pantai memiliki intonasi yang tinggi dan volume yang besar tetapi cukup singkat penuturannya.

Jadi itulah mengapa bahasa memiliki berbagai macam keragaman dan berbeda-beda di setiap wilayah di dunia ini.

Nama : Ajrina Izdihar Prasanti 

NIM : 2330019041

Prodi : S1-GIZI 

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x