Mohon tunggu...
Pramesti WidyaCahyani
Pramesti WidyaCahyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa, Universitas Negeri Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pembelajaran Dinamika Kelompok di Luar Ruangan dalam Bimbingan Kelompok

24 Desember 2022   17:06 Diperbarui: 24 Desember 2022   17:11 116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dinamika kelompok adalah sebuah unit atau kumpulan individu yang terbentuk berdasarkan persepsi yang sama antaranggota, memiliki tujuan dan motivasi, mempunyai fungsi sama kemudian terjadi Interaksi yang menunjukkan kebergantungan masing-masing anggota. Tujuan dinamika kelompok ada 9:

  • Tujuan tersebut dapat didefinisikan secara operasional dapat diukur dan diamati.
  • Yang kedua tujuan tersebut mempunyai makna bagi anggota kelompok relevan, Realistis comma dapat diterima dan dicapai.
  • Ada anggota anggota kelompok mempunyai orientasi terhadap tujuan yang telah ditetapkan.
  • Adanya keseimbangan tugas dan aktivitas dalam mencapai tujuan individu dan tujuan kelompok.
  • Terjadinya konflik yang berkaitan dengan tujuan dan tugas kelompok dapat diselesaikan dengan baik.
  • Tujuan tersebut bersifat menarik dan menantang serta mempunyai resiko kegagalan yang kecil dalam mencapainya.
  • Ada tercapainya tingkat koordinasi diantara anggota seluruh kelompok.
  • Tersedianya sumber-sumber yang akan diperlukan untuk melaksanakan tugas dan tujuan kelompok.
  • Adanya kemudahan untuk menjelaskan dan mengubah

Ada pula kelebihan dinamika kelompok: 1)saling terbuka antara anggota kelompok, 2) mendahulukan kepentingan kelompok daripada kepentingan pribadi, 3)saling menutupi kekurangan yang dimiliki oleh anggota kelompok titik, 4)dapat mengurangi rasa tidak nyaman , 5)meningkatkan status dan harga diri, 6)mencapai tujuan kelompok lebih, 7)saling menguntungkan antara anggota kelompok.

Ada kekurangan dinamika kelompok: 1)setiap anggota memiliki ego sendiri yang ingin di menangkan, 2)pengaturan waktu untuk berkumpul dengan kelompok sedikit sulit karena setiap anggota memiliki kesibukan masing-masing, 3)bisa saja menimbulkan kecemburuan terhadap pembagian tugas.

Ciri-ciri kelompok: a)adanya dorongan atau motif yang sama pada setiap individu sehingga terjadi interaksi dan tertuju dalam tujuan bersama, b)adanya reaksi dan kecakapan yang berada di antara individu akibat interaksi, c) adanya pembentukan dan penegasan struktur kelompok yang jelas yang terdiri atas peranan dan kedudukan yang berkembang untuk mencapai tujuan bersama, d) adanya penegasan dan peneguhan norma norma Pedoman tingkah laku anggota kelompok yang mengatur interaksi dan kegiatan anggota kelompok dalam merealisasikan tujuan kelompok.

Pembelajaran diluar kelas yaitu aktivitas yang dilakukan di luar kelas atau ruangan yang berisi tentang kegiatan pembelajaran dilakukan di alam bebas lingkungan sekolah sekitar atau kegiatan-kegiatan seperti berkemah bertani, di perkampungan-perkampungan dan kegiatan lainnya yang bersifat berpetualang. tujuan dari pembelajaran diluar ruangan yaitu Untuk mendidik para siswa memperoleh banyak pengetahuan pemahaman, praktek yang dapat dilakukan melalui Interaksi langsung dengan alam sekitar. hal ini ini dapat meningkatkan daya kreativitas para siswa.

Adapun kelebihan dari pembelajaran di luar ruangan: 1) siswa terjauh dari jenuh atau bosan dengan adanya pengajaran di luar ruangan, 2)dengan adanya pengajaran di luar ruangan dapat membuat para anak memperoleh pengalaman serta pengetahuan langsung dari alam sekitar yang dilihatnya, 3)dapat membentuk karakter siswa dalam mencintai lingkungan bagi dirinya sendiri.

Kekurangan dari pembelajaran di luar ruangan: 1)siswa dapat mengalami kurangnya konsentrasi dalam proses pembelajaran berlangsung, 2)pengelolaan akan lebih sulit kondisi yang dilakukan oleh para guru maupun siswa siswanya, 3) waktu yang ditempuh relatif lama tetapi waktu yang ada relatif singkat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun