Mohon tunggu...
Prama R. Putranto
Prama R. Putranto Mohon Tunggu... Guru - Menebar Kebaikan dan Energi Positif

Berbagi Kebahagiaan | Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan | Instagram : @pramagreatwarrior | Twitter : @pramaGW

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Iran Bungkam Wales dan Konsistensi Wakil Asia di Piala Dunia 2022

28 November 2022   09:07 Diperbarui: 28 November 2022   09:16 199
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Iran Raih Kemenangan Perdana - Sumber : kompas.com

"Kemenangan Arab Saudi, Jepang, dan Iran di fase grup memunculkan sebuah harapan. Ingin rasanya wakil asia mampu berbicara banyak dalam gelaran piala dunia 2022 kali ini."

Setidaknya lolos fase grup terlebih dahulu, lalu kemudian atur strategi kembali tatkala menghadapi fase gugur nanti. Kali ini wakil-wakil asia sudah mulai menunjukkan tajinya. Pertandingan yang dilalui mampu mengejutkan banyak pihak. Prediksi di atas kertas terpatahkan semua, inilah sepakbola. Mencoba mengulang pencapaian Korea Selatan saat menjadi tuan rumah piala dunia edisi 2002, yang kala itu mampu menembus hingga babak semifinal menjadi motivasi tersendiri bagi wakil-wakil Asia.

Jepang mampu membungkan Jerman dengan skor 2-1, Arab Saudi mampu mematahkan kedigdayaan Argentina dengan para pemain bintangnya dengan skor 2-1 pula, Iran pun tak ketinggalan, Wales menjadi korban keganasannya dengan skor 2-0, Korea Selatan bermain imbang dengan skor kacamata saat berjumpa dengan Uruguay. Kemenangan yang diraih membuka peluang dan menumbuhkan asa untuk dapat lolos dari fase grup. 

Konsistensi Menjadi Kunci

"Sayangnya di petandingan kedua, Jepang dan Arab Saudi harus tumbang dari lawan-lawannya"

Rasanya, saat ini jutaan pasang mata di seluruh penjuru dunia tertuju pada tim-tim Asia yang berlaga di piala dunia 2022. Menantikan kejutan-kejutan yang akan tercipta kembali dan menggegerkan jagad persepakbolaan dunia. Arab Saudi dan Jepang ternyata belum mampu menjaga konsistensi di pertandingan kedua. Keduanya harus tumbang dan mengakui keunggulan lawan-lawannya. Arab Saudi harus mengakui keunggulan Polandia dengan skor 2-0 dan Jepang, harus menerima kekalahan dengan skor tipis 1-0 atas Kosta Rika. Hal ini menjadikan kedua tim Asia tersebut harus bekerja ekstra keras kala menghadapi pertandingan ketiga demi lolos dari fase grup. 

Lain cerita dengan Iran. Setelah dibantai Inggris dengan skor 6-2, pada pertandingan kedua Iran mampu bangkit dan kali ini yang yang menjadi korbannya adalah Wales. Tak tanggung-tanggung, skor 2-0 tercipta pada pertandingan tersebut untuk kemenangan Iran. Asa masih ada. Korea Selatan pun tak luput dari perhatian, berjumpa Ghana di pertandingan kedua, tentunya tim negeri ginseng tak akan menyia-nyiakan kesempatan yang ada. 

Menyoroti kiprah tim tim Asia yang berlaga di piala dunia 2022. Setiap pertandingan yang dilalui begitu berat. Tim-tim dengan pemain bintang, nama besar, dan memiliki catatan sejarah manis dalam gelaran piala dunia harus dihadapi. Perlu strategi khusus untuk dapat menjaga konsistensi dari berbagai ancaman yang ada baik itu kelelahan hingga cedera yang menghantui. Setiap tim yang dihadapi tentunya tidak mau kalah dan akan bermain ngotot demi meraih kemenangan, oleh sebab itu racikan jitu para pelatih dalam menentukan komposisi pemain benar-benar diuji di sini. Jika konsistensi mampu dijaga dan juga mampu memanfaatkan peluang yang ada serta mampu menjaga asa, yakinlah sejarah akan kembali tercipta. (prp) 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun