Mohon tunggu...
Prama R Putranto
Prama R Putranto Mohon Tunggu... Guru - Menebar Kebaikan dan Energi Positif

Berbagi Kebahagiaan | Pendidikan Jasmani | Sebuah Novel Jam Sukat dan Peluit | Instagram : @pramagreatwarrior | Twitter : @pramaGW

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Carlo Paalam Pastikan Tempat di Babak Final, Filipina Geser Posisi Indonesia

5 Agustus 2021   21:01 Diperbarui: 5 Agustus 2021   21:03 106 9 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Carlo Paalam Pastikan Tempat di Babak Final, Filipina Geser Posisi Indonesia
Melaju Ke Partai Final Cabang Olahraga Tinju, Filipina Pastikan Geser Indonesia - Sumber : sports.okezone.com

"Detik-detik akhir persaingan antar negara Asia Tenggara dalam gelaran Olimpiade Tokyo 2020 kali ini sungguh sangat sengit sehingga menarik untuk terus diikuti. Filipina berhasil menggeser posisi Indonesia dalam daftar perolehan medali sementara."

Indonesia dengan raihan 1 medali emas, 1 medali perak, dan 3 medali perunggu tak cukup untuk menjadi yang terbaik di antara negara Asia tenggara lainnya yang turut bertanding dalam Olimpiade Tokyo 2020. Filipina dalam gelaran Olimpiade kali ini sungguh mampu terus menerus memberikan kejutan. 

Bermula dari capaian Hidilyn Diaz yang mampu meraih medali emas dari cabang angkat besi, selanjutnya cabang olahraga tinju yang juga menjadi andalan Filipina berhasil menunjukkan aksinya. 

Tambahan satu perak dari Nesthy Petecio dan satu medali perunggu dari Eumir Marcial berhasil merangsek dan menempel ketat posisi Indonesia dalam daftar klasemen perolehan medali sementara. Memang dalam daftar perolehan medali posisi Filipina masih berada di bawah Indonesia, namun Filipina telah menempatkan salah satu petinjunya di partai final, adalah Carlo Paalam.

Jika Carlo Paalam Tumbang Pun, Filipina Tetap Berhasil Menggeser Posisi Indonesia 

"Carlo Paalam berhasil permalukan tuan rumah pada babak semifinal. Adalah Ryomei Tanaka petinju tuan rumah yang harus mengakui kehebatan Carlo Paalam. 

Filipina tak ada habisnya melahirkan petinju-petinju handal. Dalam gelaran Olimpiade kali ini cabang olahraga tinju yang menjadi andalan benar-benar mampu membuktikannya. Sumbangan medali menjadi bukti nyata yang kentara. Berawal dari Nesthy Petecio yang berhasil meraih perak, lalu ditambah satu medali perunggu lagi dari Eumir Marcial. 

Perolehan medali Filipina jelas akan bertambah karena Carlo Paalam akan melangsungkan partai final pada Hari Sabtu, 7 Agustus 2020 berhadapan dengan petinju asal Britania Raya, Galal Yafai di kelas fly putra. Misalkan pun Carlo Paalam harus menerima kekalahan, medali perak yang diraihnya cukup berkontribusi nyata dalam mendongkrak posisi Filipina menggeser Indonesia. Filipina unggul satu medali perak atas Indonesia jika hal ini terjadi demikian. 

Thailand Tambah Perunggu dari Cabang Olahraga Tinju 

Sepertinya prestasi Thailand dalam Olimpiade kali ini menurun drastis. Mengapa? Karena hingga saat ini, Thailand hanya dapat meraih satu medali emas dan tambahan satu medali perunggu dari cabang olahraga tinju. Adalah Seesondee Sudaporn yang mampu menyumbang medali perunggu untuk Thailand. Raihan medali ini tidak lebih baik tatkala Thailand bertarung dalam Olimpiade Rio 2016 lalu. Pada Olimpiade Rio 2016, Thailand mampu meraup 2 medali emas, 2 medali perak, dan 2 medali perunggu. Saat ini Thailand berda di posisi ketiga dalam persaingan antar negara Asia Tenggara pada Olimpiade Tokyo 2020 kali ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN