Mohon tunggu...
Prama R Putranto
Prama R Putranto Mohon Tunggu... Menebar Kebaikan dan Energi Positif

Berbagi Kebahagiaan | Pendidikan Jasmani | Sebuah Novel Jam Sukat dan Peluit | Instagram : @pramagreatwarrior | Twitter : @pramaGW

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Urgensi Peran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Masa Kini

2 Juni 2021   08:54 Diperbarui: 2 Juni 2021   08:54 665 16 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Urgensi Peran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Masa Kini
Peran Penting PJOK di Masa Kini untuk Menggempur Ancaman Dampak Negatif Perkembangan Teknologi yang Begitu Pesat - Sumber : kompas.com

Ketika berbicara Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), tak lepas tentang bagaimana mempelajari manusia seutuhnya. Salah satu hal adalah tentang perkembangan dan belajar gerak bagi manusia. 

Mulai dari gerak yang sederhana hingga yang memiliki kompleksitas yang lebih tinggi. Mulai dari beban yang ringan hingga yang berat. Prinsipnya adalah progresif agar ada peningkatan yang signifikan yang nyata pada kemampuan atau ketrampilan gerak seseorang. 

PJOK tidak hanya bergerak dan bermain saja, namun lebih dari itu terdapat beragam ilmu pendukung di balik itu semua. Mulai dari Kinesiologi, Fisiologi, hingga Psikologi yang kesemuanya berbicara tentang manusia. Baik tentang ketrampilan gerak, kesehatan fisik, dan juga kesehatan mental. Oleh sebab itu PJOK sangatlah penting dalam sebuah sistem pendidikan yang ada. 

Peran PJOK sungguh nyata dalam mewujudkan generasi Indonesia Emas dengan SDM Unggul untuk mecapai Indonesia Maju. Pembelajaran PJOK tidak dapat dikesampingkan dan hanya menjadi pelengkap saja. Terlebih di era digital seperti ini, ancaman nyata jelas adanya. Ancaman apa saja itu? 

Yang jelas adalah terkait dengan kesehatan generasi muda Indonesia yang terjebak dalam kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi masa kini sehingga berakibat rendahnya frekuensi aktivitas fisik. 

Rendahnya frekuensi aktivitas fisik berpengaruh pada kebugaran jasmani dan kesehatan peserta didik, sedangkan tuntutan dunia industri dan dunia usaha tak lepas pula keterkaitannya dengan baik buruknya kondisi fisik seseorang dalam melakukan kerja secara produktif. Selain terkait dengan kesehatan fisik, perkembangan teknologi dengan dampak negatifnya pun juga mengancam kesehatan mental generasi muda. 

Hal ini sungguh memprihatinkan, dan menjadi pekerjaan rumah bersama. PJOK dapat menjadi solusi untuk mengatasi hal ini, maka perlu untuk menyadari bagaimana urgensi peran PJOK di masa kini dalam rangka menjaga generasi emas Indonesia yang sehat dan produktif di masa yang akan datang.

"Urgensi Peran Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan sangatlah penting sebagai solusi ancaman nyata kesehatan fisik dan kesehatan mental generasi emas penerus bangsa."

Memantik Ketrampilan Gerak 

Memiliki ketrampilan gerak yang baik sangat menunjang dalam menjalani aktivitas keseharian dengan beragam dinamikanya. Sebuah modal yang sangat baik jika memiliki ketrampilan gerak yang baik. Mengapa? Ketika menjalani aktivitas yang berat dan menuntut tubuh untuk menerima beban yang luar biasa, di sinilah ketrampilan gerak mengambil perannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN