Mohon tunggu...
Prama R Putranto
Prama R Putranto Mohon Tunggu... Menebar Kebaikan dan Energi Positif

Berbagi Kebahagiaan | Pendidikan Jasmani | Sebuah Novel Jam Sukat dan Peluit | Instagram : @pramagreatwarrior | Twitter : @pramaGW

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Asyiknya Belajar Bahasa Inggris dengan Media Lagu

27 Mei 2021   12:37 Diperbarui: 28 Mei 2021   01:23 244 16 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Asyiknya Belajar Bahasa Inggris dengan Media Lagu
Ilustrasi, Lagu Menjadi Salah Satu Media Belajar Bahas Inggris Secara Otodidak yang Efektif - Sumber : lifestyle.kompas.com

"Bahasa, Kunci Membuka Jendela Dunia"

Mau bagaimana lagi, Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang mana digunakan di seluruh penjuru dunia. Di era global saat ini rasanya kemampuan berbahasa inggris memiliki peran yang sangat penting dalam berkomunikasi dan berinteraksi. Terpampang jelas di dinding perpustakaan sekolah, "Bahasa, kunci membuka jendela dunia!" Tersontak hati ini ketika membacanya. Tersadar seketika bahwasannya begitu penting penguasaan bahasa pada era global seperti saat ini. 

Jika ingin maju, jangan sepelekan belajar bahasa asing dalam hal ini bahasa inggris sebagai bahasa internasional. Dalam keseharian pun kita tentunya akrab dengan bahasa inggris. Keterangan komposisi produk makanan pasti tertulis pula dalam Bahasa Inggris. Mengoperasikan komputer jinjing dan HP pun, pentunjuk prosedur penggunaannya dalam Bahasa Inggris. Oleh sebab itu jika ingin memahami dengan mudah, kemampuan berbahasa inggris harus benar-benar diperhatikan.

Pesyaratan Beasiswa salah satunya adalah TOEFL atau IELTS

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan pula dalam dunia akademik. Tak heran jika di setiap daftar persyaratan beasiswa baik beasiswa dalam negeri dan luar negeri tentunya akan mensyaratkan sertifikat kemampuan berbahasa Inggris. Biasanya menggunakan sertifikat TOEFL atau IELTS. TOEFL dan IELTS merupakan salah satu contoh tes kemampuan Bahasa Inggris. 

Aspek yang dites mulai dari kemampuan reading, writing, speaking, dan listening. Hal ini diperlukan untuk menunjang kegiatan perkuliahan. Entah dalam kegiatan pembelajaran itu sendiri atau kegiatan penelitian hingga publikasi ilmiah. Nah, setidaknya hal ini merupakan gambaran betapa pentingnya kemampuan berbahasa inggris dan bahkan sudah menjadi suatu kebutuhan di era global seperti ini.

Belajar Bahasa Inggris dengan Media Lagu

"Masihkah kita ingat ketika Guru Bahasa Inggris mengajarkan bagaimana melafalkan abjad dalam bahasa inggris menggunakan media lagu?"

Beragam upaya dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris. Mungkin pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dirasa masih sangat kurang sehingga dapat menambah jam belajar Bahasa Inggris dengan mengikuti kursus, baik online ataupun offline. Alternatif lainnya dalam belajar Bahasa Inggris secara otodidak adalah dengan media lagu. 

Media lagu menurut pengalaman penulis benar-benar efektif dan mudah diingat dalam memori. Teringat ketika semasa duduk di bangku sekolah dasar ketika Bapak atau Ibu Guru Bahasa Inggris mengajarkan bagaimana melafalkan abjad dalam Bahasa Inggris menggunakan media lagu. Pasti lagu itu masih lekat dalam memori hingga saat ini. Itulah bukti betapa efektifnya belajar bahasa menggunakan media lagu, menurut pengalaman penulis. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN