Mohon tunggu...
Prama R Putranto
Prama R Putranto Mohon Tunggu... Menebar Kebaikan dan Energi Positif

Berbagi Kebahagiaan | Pendidikan Jasmani | Sebuah Novel Jam Sukat dan Peluit | Instagram : @pramagreatwarrior | Twitter : @pramaGW

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Ketika Orangtua Peserta Didik Curhat tentang Pembelajaran Jarak Jauh

24 Mei 2021   08:59 Diperbarui: 25 Mei 2021   07:29 297 20 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketika Orangtua Peserta Didik Curhat tentang Pembelajaran Jarak Jauh
Tidak Semua Orang Tua Dapat Membersamai Anak Ketika PJJ, Sehingga Tak Sedikit yang Mendukung untuk Segera Dilaksanakan PTM - Sumber:Thinkstockphotos via kompas.com

Sudah lebih dari satu tahun lamanya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dilaksanakan. Peserta didik harus melakukan Belajar Dari Rumah (BDR) dalam waktu yang cukup lama akibat pandemi. Guru pun beradaptasi dengan wujud kreativitas dalam kegiatan pembelajaran berbasis Information and Communication Technology (ICT). 

Beragam platform pembelajaran secara online dipelajari secepat kilat agar PJJ berjalan dengan optimal. Hal ini bentuk nyata tanggung jawab guru untuk memastikan berjalannya kegiatan pembelajaran dengan baik. 

Tak hanya guru, peserta didik dan orangtua peserta didik pun juga mempelajarinya agar dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan optimal. PJJ bagi beberapa daerah dengan akses internet yang baik dapat dilaksanakan dengan baik pula. 

Sebaliknya jika suatu daerah tidak memiliki akses internet yang mumpuni, guru pun akan melakukan kunjungan dari rumah ke rumah untuk menyampaikan materi kepada peserta didik. 

Semua sama-sama berjuang untuk belajar, untuk mendapatkan pendidikan. Luar biasa perjuangan guru, peserta didik, dan orangtua peserta didik serta seluruh pihak terkait dalam pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi ini. 

Pelaksanaan PJJ tidak semulus yang dibayangkan. Selalu saja menuai protes dari berbagai macam pihak. Utamanya orangtua peserta didik tak jarang yang melakukan protes untuk bagaimana caranya agar anak-anaknya dapat melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) atau pembelajaran secara offline. 

Bagi yang mendukung PJJ memiliki alasan kuat tersendiri begitu pula bagi yang tidak mendukung PJJ dan menginginkan untuk segera melaksanakan PTM, alasannya pun cukup logis dengan berbagai pertimbangan dan langkah preventif. 

Kedua pihak yang berbeda pendapat tersebut harus ditampung aspirasinya, bagaimanapun juga pendidikan dapat berjalan dengan baik berkat sinergi semua pihak terkait. 

Ketika Informasi Uji Coba PTM Diumumkan 

Pemerintah berupaya keras untuk menekan persebaran Covid-19 di negeri tercinta. Beragam program dan kebijakan pun dicanangkan. Mulai dari vaksinasi hingga himbauan untuk tidak mudik bagi masyarakat ketika Idul Fitri tiba. Hal tersebut menunjukkan tanda-tanda positif. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x