Mohon tunggu...
Prama R Putranto
Prama R Putranto Mohon Tunggu... Menebar Kebaikan dan Energi Positif

Berbagi Kebahagiaan | Pendidikan Jasmani | Instagram : @pramagreatwarrior

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Bergerak Ikuti Irama dengan Gembira

25 Januari 2021   14:27 Diperbarui: 25 Januari 2021   14:44 812 24 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bergerak Ikuti Irama dengan Gembira
SKJ Merupakan Aktivitas Gerak Berirama - Sumber : kompas.com

Sudah hanpir satu tahun lamanya harus belajar dari rumah. Segala sesuatunya serba dilakukan secara daring. Tak terkecuali dengan pembelajaran. Hal tersebut jelas membuat bosan semakin menjadi-jadi dan juga membuat diri semakin mager (malas gerak). 

Nah, hal ini membuat kesehatan dan kebugaran jasmani kita akan terganggu tentunya jika terus menerus terjebak dalam kemalasan untuk bergerak. 

Muncul pertanyaan bagaimana bisa meningkatkan kebugaran jasmani jika harus stay at home dan mengingat kondisi yang nyatanya tidak baik-baik saja selama ini? Rasanya masih terlalu beresiko apabila harus bergerak berolahraga di luar rumah. Mengingat angka persebaran covid19 masih terbilang tinggi dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) nyatanya diperpanjang. 

Rasanya perlu mensiasati untuk menemukan solusi di tengah kemageran  yang tak kunjung pergiPerlu memilih olahraga apa yang tepat dan dapat dilakukan di rumah saja. Salah satu jawabannya adalah aktivitas gerak berirama.

Aktivitas Gerak Berirama

Aktivitas gerak berirama adalah aktivitas gerak yang dilakukan individu atau kelompok secara berirama. Memiliki tujuan sebagai upaya pemeliharaan kebugaran tubuh, tujuan lain yang relevan, dan penggalian nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Gerak Langkah Kaki dan Ayunan Lengan 

Dalam aktivitas gerak berirama perlu memperhatikan bagaimana koordinasi gerak antara langkah kaki dan ayunan lengan. Lalu selain itu perlu juga untuk memperhatikan bagaimana irama musik itu sendiri karena berkaitan dengan intensitas latihan aktivitas gerak berirama.

Tahapan Aktivitas Gerak Berirama

1. Pemanasan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
VIDEO PILIHAN