Mohon tunggu...
Prajna Dewi
Prajna Dewi Mohon Tunggu... Guru - Seorang guru yang terus berjuang untuk menjadi pendidik

Humaniora, parenting, edukasi.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Membantu Anak Kidal agar Berkembang Optimal

10 Juni 2022   12:22 Diperbarui: 11 Juni 2022   08:40 1424 82 37
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi anak kidal. Sumber: Kompas.com

"Joe, makannya pakai tangan bagus !! Mama sudah berkali-kali bilang, pake tangan bagus !!!" Mirna berteriak dengan suara melengking sambil melotot melihat anaknya yang makan menggunakan tangan kiri.

Tersentak, takut-takut, Joe kecil mengganti tangan, berjuang mencoba menyuapkan sendok ke mulutnya menggunakan tangan kanan. Alhasil, ambyarrr. Lebih banyak yang keluar dari pada yang masuk ke mulut mungilnya. Takut-takut Joe melirik Mirna.

Sementara Mirna masih berdiri berkacak pinggang melotot ke arah Joe. "Makanya itu tangan kanan dipake, biar jadi pinter, sekali lagi Mama lihat pake tangan kiri, kamu gak usah makan ya !!!"

Mirna sebegitu sibuknya fokus dengan niat membetulkan kebiasaan Joe yang kidal dan menggunakan tangan kiri tanpa peduli apa yang Joe rasa dan apa efek sikap kerasnya  terhadap Joe kecil. Karena di mata Mirna, tangan kiri itu tangan yang kotor, menggunakan tangan kiri tidak sopan. Begitulah pandangan orang Timur terhadap penggunaan tangan kiri.

Bahkan seorang kompasioner, Gregorius Nafanu lewat artikel yang ditulisnya bercerita bagaimana sewaktu kecil dipaksa menggunakan tangan kanan, karena menggunakan tangan kiri disebut tidak sopan, dan lebih ekstrim lagi, disebut sebagai tangan setan.

Baca: Kaum Kidal dan Diskriminasi Terhadap Mereka

Sebuah artikel yang membahas tentang mitos dan kepercayaan terhadap kidal, menyebutkan bahawa pada abad ke tujuh belas dipercaya bahwa iblis membaptis pengikutnya menggunakan tangan kiri. Dan ini semakin memperkuat pendapat bahwa tangan kiri adalah tangan "jahat"

Begitu pula di negara Barat, ada mitos bahwa memberikan minuman anggur menggunakan tangan kiri membawa nasib buruk, sama halnya dengan  ketika bangun tidur dan menginjak lantai dengan kaki kiri terlebih dahulu, juga pertanda akan mendapat sial.

Dari pandangan dan mitos-mitos di atas, tidak heran banyak yang tidak suka melihat anak kidal menggunakan tangan kirinya.

Sesungguhnya Apa Itu Kidal?

Kidal, left-handed dalam bahasa Inggris,   adalah istilah yang diberikan untuk orang yang tangan kirinya lebih terampil dibandingkan dengan tangan kanannya. Kemampuan motorik anak berhubungan dengan otaknya. Dalam ilmu neuroscience (ilmu tentang otak dari perspektif biologi)  otak manusia dibagi menjadi belahan otak kanan dan kiri.

Belahan otak kanan mengatur bagian tubuh sebelah kiri dan sebaliknya, belahan otak kiri mengatur belahan tubuh sebelah kanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan