Teknologi

Data Mining Dalam Kehidupan Sehari-hari

17 Maret 2019   22:12 Diperbarui: 18 Maret 2019   00:37 257 0 0
Data Mining Dalam Kehidupan Sehari-hari
expertsystem.com

                         Data mining ? hmm mendengarnya saja pasti mengingatkan kita pada bit coin kan? Eits tapi jangan salah kaprah ya :D .
Menurut Daryl Pregibon bahwa "Data mining adalah campuran dari statistic, kecerdasan buatan, dan riset basis data yang masih berkembang ".
Jadi Data mining ini adalah proses dimana penggalian data yang cukup besar untuk mendapatkan informasi yang berharga dari data tersebut. Masih bingung dengan data mining? Yu mari kita bahas lebih lanjut dan contoh implementasinya di kehidupan sehari hari :D.

                          Dari data mining patut diingat bahwa kata mining sendiri berarti usaha untuk mendapatkan sedikit barang berharga dari sejumlah besar material dasar. Karena itu DM (Data Mining) sebenarnya memiliki akar yang panjang dari bidang ilmu seperti kecerdasan buatan (artificial intelligent),machine learning, statistic dan database. Dengan arti lain Data mining adalah proses untuk penggalian pola-pola dari data. Data mining menjadi alat yang semakin penting untuk mengubah data tersebut menjadi informasi.

                          Hal ini sering digunakan dalam bidang pemasaran, contohnya ketika kita berbelanja disebuah toko swalayan dan mendapatkan struk setelah berbelanja apakah itu hanya selembar kertas? tentu tidak didalam struk itu sendiri banyak menyimpan data yang masih belum terolah tetapi dengan kita memanfaatkan ilmu dari data mining ini bisa didapatkan sebuah informasi yang sangat berguna bagi sang pemilik toko swalayan . contohnya didalam sebuah struk kita bisa melihat misal pelanggan membeli roti bisa dilihat juga biasanya pelanggan juga membeli seres dan selai nah mungkin dari data tersebut bagi orang biasa hanya data yang tidak berguna tapi bagi pemilik toko berbeda itu bisa dijadikan data yang sangat berguna untuk menempatkan agar roti tadi yang di beli oleh pelanggan tempat peletakan selai dan seres di taroh disamping atau didekat roti tadi agar memudahkan pelanggan dalam berbelanja . Nah dari contoh implementasi Data mining tadi bisa dimengerti kan tentang data mining itu apa sih :D Dan tentu saja masih banyak lagi keuntungan dari data mining itu sendiri :D.

Sumber :

digilib.mercubuana.ac.id

www.scribd.com

www.ilmuskripsi.com

www.google.com