Irfan Prabudiansyah
Irfan Prabudiansyah Mohon Tunggu... Administrasi - Peneliti

Menyelesaikan studi S1 dan S2 di Institut Teknologi Bandung, Indonesia. Menyelesaikan S3 di University of Groningen, Belanda. Kini bekerja sebagai peneliti/scientist di Prancis.

Bertamu ke Stadion Santiago Bernabeu, Madrid

22 Januari 2011   10:14 Diperbarui: 26 Juni 2015   09:18 2645

Perjalanan di negeri andalusia kami akhiri di kota Madrid. Setelah berpetualang selama 4 hari menjelajahi Barcelona, Granada, dan Cordoba, akhirnya  kami sampai di ibu kota spanyol ini. Madrid merupakan salah satu kota terpadat di spanyol dengan jumlah penduduk saat ini mencapai 5  juta jiwa. Jumlah ini adalah yang terbesar keempat di eropa setelah London, Paris, dan Berlin. Perjalanan dari Cordoba menuju Madrid memakan waktu sekitar 6 jam by Bus. Kami sampai di stasiun madrid sekitar jam 5 pagi dan beristirahat sejenak di sana untuk sholat, bersih2, dan sarapan. Tepat pukul 7 kami berangkat menuju Madrid intl. airport. Di sana kami menitipkan tas dan barang bawaan lainnya, supaya nggak repot saat jalan-jalan. Satu tempat yang menjadi tujuan kunjungan di kota ini adalah Santiago Bernabeu Stadium yang merupakan markas Real Madrid FC. Yup, meskipun kami bukan Madridista (sebutan untuk pendukung real madrid), tapi kami sengaja meluangkan waktu untuk mengunjungi stadion ini sebagai obat penawar luka, karena pada saat di Barcelona kami tidak sempat mengunjungi stadion Camp Nou milik Barcelona FC. Jarak stadion ini dari bandara Madrid sekitar 14 km dan bisa ditempuh dengan kereta (trem) dalam waktu kurang dari 15 menit.

In front of Santiago Bernabeu stadium

Atmosfer real madrid sudah mulai terasa saat kami memasuki lorong stasiun kereta. Poster2 pemain real madrid tertempel di beberapa sudut ruangan. Stadion Santiago Bernabeu terletak di Paseo de la Castellana, berjarak sekitar 4.5 km dari pusat kota madird. Santiago Bernabeu diambil dari nama salah satu President Club Real Madrid yang berjasa membesarkan klub ini. Stadion ini merupakan stadion sepakbola terbesar di Spanyol dengan kapasitas 80,354 penonton. Stadion ini juga pernah dipakai dalam penyelenggararaan event2 besar seperti piala dunia dan piala eropa. Di stadion ini pula pertandingan final Liga champions musim lalu digelar. Hanya dengan uang 15 Euro kita bisa masuk dan menikmati atmosfer keindahan seluruh ruangan di stadion. Di dalam stadion ini kita bisa melihat secara langsung mengenai segala sesuatu tentang real madrid. Bagi teman2 yang suka sepakbola, terutama fans real madrid, pasti akan merasakan sensasi yang luar biasa pada saat memasuki stadion ini.

Menuju La Santiago Bernabeu

Sesaat menjadi ‘madridista’

Terdapat 8 lokasi kunjungan di dalam stadion. Pertama di mulai dari lantai paling atas, yakni lantai 8. Dari sini kita bisa melihat view stadion from the top. Pemandangan seluruh stadion dari tribun di lantai 8 sangat luar biasa. Lapangan hijau terhampar bak permadani.

View of santiago bernabeu from the top

Dari lantai atas kami menuju ke lokasi kedua. Di sini kita masuk ke ruangan yang dipenuhi oleh sejarah real madrid, meliputi sejarah Club, sejarah pemain, pakaian/kostum madrid dari masa ke masa, dll. Pokonya segala sesuatu tentang real madrid sejak awal berdiri hingga  saat ini.

All about real madrid

real madrid dari masa ke masa

Lokasi ketiga yang kami kunjungi adalah trophy room. Di ruangan ini kita bisa melihat piala2 dan penghargaan yg pernah di dapat oleh real madrid. Banyaknya piala yang dipajang di sini merupakan bukti kehebatan tim ini. Real madrid memang merupakan tim spanyol yang paling banyak menjuarai kompetisi liga, yakni sebanyak 39 kali di liga spanyol dan 9 kali  liga champion eropa.