Mohon tunggu...
Prabu Bathara Kresno
Prabu Bathara Kresno Mohon Tunggu...

Dalam Asa, Rasa, Cipta, Karsa dan Karya Kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Media

Tikam Kepik Pertemuan Kelompok

28 Mei 2017   13:40 Diperbarui: 28 Mei 2017   13:49 0 0 0 Mohon Tunggu...

BANYUWANGI (18/05/2017) - Dalam mewujudkan tujuan Program Keluarga Harapan (PKH) khususnya dalam hal Kesehatan Sosial pendamping PKH di Kecamatan Srono menginovasi kegiatan Pertemuan Kelompok atau Family Development Session (FDS) dengan menambahkan  unsur  sinergitas  kesehatan berupa cek kesehatan gratis yang terangkum dalam kegiatan Tingkatkan Kemampuan Kesehatan, Ekonomi, dan Pendidikan Keluarga atau yang lebih dikenal sebagai kegiatan TIKAM KEPIK.

Kegiatan tersebut  di maksudkan untuk memaksimalkan Keluarga Penerina Manfaat (KPM) dalam mengakses layanan kesehatan dan meningkatkan kemampuan KPM dalam penguatan ekonomi Sosial dan Pendidikan Sosial sekaligus meningkatkan sinergitas sektoral antara PKH dengan berbagai pihak dan Intansi terkait. Acara yang di hadiri sebanyak 35 KPM dilaksanakan di Aula Suropati, Desa Sukonatar, Kecamatan Srono ini juga dihadiri oleh Sekretaris Desa Sukanatar Fathur Rohman, Kepala Puskesmas Kebaman , Endang, Ketua PPNI Banyuwangi Dr. Sis Mulyanto, serta 10 orang Pendamping PKH lainnya.

Dalam sambutanya Kordinator PKH Kabupaten Banyuwangi, Nandhi, menyampaikan “betapa pentingnya kesehatan, bahkan untuk memulai segala sesuatu kalau ingin berhasil itupun harus di awali dengan sehat dulu”.

Pada kesempatan yang sama Kepala Puskesmas Kebaman, menyampaikan  dalam sambutanya “agar KPM memanfaatkan fasilitas  Posyandu lebih maksimal untuk putra putri balitanya dapat tumbuh kembang Optimal, Cerdas dan Sehat. Puskesmas bukanlah tempat orang yg sakit tapi juga tempat orang orang yang sehat, ujarnya.

Endang mengajak KPM untuk datang ke Pusmesmas setiap saat untuk memeriksakan keadaan dirinya agar terpantau kesehatannya”.

Dalam kesempatan yang sama, Bilkisti Haryono, pendamping Kecamatan Srono mengatakan, "ibu-ibu siapa yang ingin anaknya Tumbuh Optimal dan Cerdas (TOPCER)? Yang disambut suara gemuruh dari 35  KPM peserta FDS ini. Selanjutnya Bilkisti juga menyampaikan, 1000 HPK sangat penting untuk mewujudkan anak yg TOPCER.

Kegiatan ini yang berlangsung selama 2 jam ini, juga di isi dengan kegiatan Cek Kesehatan KPM GRATIS oleh Tenaga Kesehatan Puskesmas Kebaman. Seluruh KPM menikmati layanan kesehatan Gratis ini, mulai kesehatan gigi, tensis darah, DTS BALITA, dan lainnya. Senyum dan keceriaan terpancar  dari masing masing raut muka KPM seolah puas dengan adanya kegiatan inovasi sinergitas ini.

Mutiah, salah satu KPM peserta FDS menyampaikan sangat senang dengan kegiatan seperti ini. Dan berharap dapat dilaksanakan kegiatan yang sama pada kesempatan lainnya. “Kapan kita kumpul lagi dalam acara seperti ini?” ujarnya, disambut suara riuh setuju dari peserta lainnya.(PKH Banyuwangi)

Editor: KAS/JSK

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x