Mohon tunggu...
NurulFalah Corner
NurulFalah Corner Mohon Tunggu... Pendidik

Info seputar Pondok Pesantren Nurul Falah Borongganjeng.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

MA PP Nurul Falah Komitmen Kembangkan Budaya Literasi pada Lomba Pembinaan Perpustakaan Sekolah

21 Oktober 2019   20:38 Diperbarui: 21 Oktober 2019   20:40 0 0 0 Mohon Tunggu...
MA PP Nurul Falah Komitmen Kembangkan Budaya Literasi pada Lomba Pembinaan Perpustakaan Sekolah
Tim Penilai Lomba Pembinaan Perpustakaan bersama Kepala Madrasah dan Staf Perpustakaan MA PP. Nurul Falah Borongganjeng Bulukumba. (Dokpri)

Bulukumba (MA PP. Nurul Falah) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Bulukumba menggelar Lomba Pembinaan Perpustakaan Sekolah tingkat Kab. Bulukumba. Kegiatan ini akan berlangsung hingga hari Jum'at (25/10/2019). Adapun pesertanya adalah masing-masing perwakilan dari 10 Kecamatan yang ada di Kab. Bulukumba. Pada mekanismenya, tiap Kecamatan mengikutkan 3 sekolah untuk tiga tingkatan pendidikan, SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA.

Adapun MA PP. Nurul Falah Borongganjeng Bulukumba, turut berpartisipasi mewakili Kec. Kindang sebagai perwakilan untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat. Pada keikutsertaannya, MA PP. Nurul Falah bertekad mengembangkan budaya literasi yang dari sekolah melalui perpustakaan.

Sebelumnya, berbagai persiapan telah dilakukan termasuk penataan ruang perpustakaan yang layak dan ramah lingkungan. Selain itu, ruang baca indoor dan outdoor juga disiapkan. Dalam lomba ini, Kepala Madrasah MA PP. Nurul Falah, Abdul Efendi, terjun langsung mengarahkan para dewan guru dan staf perpustakaan, mulai dari persiapan hingga hari pelaksanaan lomba.

Efendi menegaskan bahwa penyiapan perpustakaan yang layak dan nyaman tersebut, bukan sekadar sebagai persiapan lomba tapi untuk dipakai berkesinambungan dalam pengembangan budaya membaca melalui perpustakaan. Efendi juga berjanji bahwa ke depannya anggaran perpustakaan akan diatur sedemikian rupa agar pelayanan dan ketersediaan buku semakin meningkat.

Selain itu, penataan juga akan semakin dikembangkan. Akan ada inovasi-inovasi menarik ke depannya. "Kita akan menambahkan spot-spot untuk dijadikan taman baca. Bukan hanya di dalam ruangan tapi di luar ruangan. Bahkan yang di luar ruangan akan diperbanyak agar kegiatan membaca tidak menjenuhkan," ujarnya di hadapan para tim penilai.

Sejalan dengan itu, para tim penilai pun merespon baik apa yang dicanangkan. Bahkan Andi Endang, selaku Kabid Pengolahan dan Layanan Perpustakaan yang hadir mewakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, memberikan dukungan penuh dan siap membantu jika diperlukan. "Kita akan bantu termasuk peminjaman buku maksimal 100 eksemplar tiap bulannya." ungkapnya merespon pernyataan Kepala Madrasah MA PP. Nurul Falah.

Endang, sapaan akrabnya, berharap agar Perpustakaan MA PP. Nurul Falah benar-benar dilestarikan untuk program jangka panjang. Dia berharap agar banyak program-program inovatif yang lahir dari perpustakaan MA PP. Nurul Falah.

Lomba perpustakaan ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Bulukumba yang bertujuan untuk pengembangan sumberdaya manusia dan pemberdayaan perpustakaan. Lomba ini pula diharapkan mampu mendorong sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Bulukumba, agar menyiapkan perpustakaan di sekolah masing-masing. Ke depannya akan banyak inovasi yang akan dihadirkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Bulukumba untuk memberdayakan Perpustakaan. (yh)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x