Mohon tunggu...
NurulFalah Corner
NurulFalah Corner Mohon Tunggu... Pendidik

Info seputar Pondok Pesantren Nurul Falah Borongganjeng.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tingkatkan Spiritual Santri, PP Nurul Falah Rutin Adakan Kultum dan Tadarus Tiap Selesai Dhuhur

30 Juli 2019   19:19 Diperbarui: 30 Juli 2019   19:40 40 0 0 Mohon Tunggu...
Tingkatkan Spiritual Santri, PP Nurul Falah Rutin Adakan Kultum dan Tadarus Tiap Selesai Dhuhur
Dok. Pribadi

Bulukumba (PP. Nurul Falah) - Pondok Pesantren Nurul Falah Borongganjeng Bulukumba terus berbenah meningkatkan kualitas. Beragam program membangun digagas dan langsung diterapkan. Salah satu yang paling rutin hingga saat ini adalah Kultum dan Tadarus yang diadakan setiap selesai salat dhuhur.

Pada program Kultum ini, tiap santri bergiliran memberikan tausiyah di depan jamaah. Selain sebagai siraman qolbu, Kultum ini juga bertujuan untuk melatih kemampuan santri berbicara di depan umum. Hal ini berlaku pula pada kegiatan tadarus di mana secara bergiliran, santri melantunkan ayat-ayat Al-Qur'an.

Santri Putri PP. Nurul Falah. (Dokpri)
Santri Putri PP. Nurul Falah. (Dokpri)
Program Kultum dan Tadarus ini, secara langsung dikoordinir oleh pengurus OSIS, sebagai penanggung jawab utama. Adapun materi Kultum sebelumnya telah disiapkan oleh para pembina melalui pelatihan Da'i yang memang telah diberikan sebelumnya.

Ke depannya, PP. Nurul Falah Borongganjeng juga akan memperbanyak lagi program-program kepesantrenan yang diharapkan semakin menarik minat masyarakat untuk menyekolahkan anak-anak mereka di pesantren. "Bagaimanapun, Pesantren harus menjadi pusat pendidikan moral di era yang semakin modern ini," ujar sekretaris Pondok Pesantren Nurul Falah.

Saat ini, selain fokus pada pelajaran-pelajaran keagamaan, PP. Nurul Falah Borongganjeng juga telah mendirikan Lembaga Tahfiz Qur'an yang diperuntukkan bagi santri yang ingin fokus menghapal Al-Qur'an. (yh)

VIDEO PILIHAN