Mohon tunggu...
PPI Tiongkok
PPI Tiongkok Mohon Tunggu... Berdaya-Berkarya-Bersama

PPI Tiongkok merupakan organisasi mahasiswa, sebuah wadah skala nasional yang menaungi berbagai organisasi pelajar Indonesia di seluruh Tiongkok dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa Indonesia bertukar pikiran secara aktif.

Selanjutnya

Tutup

Karir

NGOPI Series 2.0: Brilliant Career Start with Early Preparation

24 Oktober 2020   14:13 Diperbarui: 24 Oktober 2020   14:22 20 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
NGOPI Series 2.0: Brilliant Career Start with Early Preparation
dok: PPI Tiongkok

Penulis: Ayu Fitri Rahmawati

Ngobrol Seputar Profesi (Ngopi) 2.0: Brilliant Career Start with Early Preparation adalah program kerja PPI Tiongkok Bidang Relasi Alumni dan Bursa Kerja (RABK) yang bertujuan untuk menjadi sarana bagi mahasiswa/i lulusan Tiongkok untuk mendapatkan bekal yang lebih matang sebelum terjun ke dunia kerja. Webinar kali ini fokus pada pembekalan ilmu tentang persiapan-persiapan dalam menghadapi interview yang disampaikan oleh Ibu Belinda Rahmadara sebagai Talent Acquisition Enthusiast, Former Recruiter Manager Kopi Kenangan, dan Former Senior Recruiter Bukalapak, serta pembekalan ilmu tentang pembuatan Curriculum Vitae (CV) yang disampaikan oleh Bapak Leo Mokodompit sebagai People Development Practitioner. Melalui kegiatan ini, PPI Tiongkok berharap para mahasiswa/i terbantu dalam perihal informasi seputar persiapan sebelum memasuki dunia kerja.

Acara dimulai dengan sambutan dari Ketua Umum PPI Tiongkok Nikkolai Ali Akbar Velayati, "Fokus diadakannya acara ini adalah untuk memberikan pandangan untuk teman-teman PPI Tiongkok baik yang akan lulus maupun yang sudah lulus terkait situasi dunia pekerjaan itu seperti apa, dan hal-hal yang perlu dipersiapkan oleh teman-teman."

Selanjutnya, acara dilanjutkan oleh narsumber pertama, Ibu Belinda Rahmadara yang menyampaikan topik bahasan persiapan dan proses interview saat melamar pekerjaan.

Ibu Belinda memaparkan materi
Ibu Belinda memaparkan materi

Ibu Belinda menjelaskan tentang recruitment process di startup company, yang di antaranya: CV screening, HR and user interview, offering and salary negotiation, dan probation period

Selanjutnya, beliau menjelaskan langkah-langkah yang baik dan benar dalam melamar sebuah pekerjaan, yaitu:

  • Channel lowongan kerja: LinkedIn, Jobstreet, Jobs.id, Kalibrr, Glints, akun lowongan kerja (loker) di Instagram, Twitter, dan bisa juga dari WhatsApp Group/Telegram lowongan kerja, dan lain-lain,
  • Cari informasi dengan detail tentang perusahaan yang ingin dilamar, pastikan berizin resmi, bisa dicek perusahaan itu benar ada di website: ahu.go.id,
  • Pelajari dengan detail tentang job role yang dicari perusahaan tersebut,
  • Sebelum submit/upload CV kamu, pastikan dulu sudah diubah ke dalam format PDF dan usahakan size nya tidak lebih dari 10MB,
  • Pastikan juga nomor handphone dan alamat email yang tertera pada CV sudah benar dan masih aktif,
  • Jika mengirim email langsung ke Human Resource Development (HRD) perusahaan, pastikan body email berisi Cover Letter,
  • Sebaiknya kirimkan CV di hari dan jam kerja pada umumnya.

Setelah pembahasan megenai langkah yang baik dalam melamar pekerjaan, Ibu Belinda menjelaskan kondisi kerja pada masa kini, dimana perusahaan masih menjalankan work from home (WFH). Ia juga membagikan tips-tips untuk menghadapi online interview, antara lain: pelajari lebih dalam tentang role yang kalian apply; riset tentang perusahaan yang kalian apply dan industrinya juga; istirahat dan makan yang cukup; perhatikan dan kuasai tools/perangkat yang digunakan sebelum mulai; jika online, usahakan sudah ready 15 menit lebih awal; practice, practice, practice; always prepare for the worse; dan perbanyak jam terbang.

Ibu belinda juga memberikan tips komukasi dalam kondisi online, seperti:

  • Start with a smile to show your enthusiasm
  • Lakukan eye-contact dengan lawan bicaramu yang menandakan kamu fokus penuh konsentrasi
  • Slow your intonation, ada delay saat online interview. Jadi, bicara dengan intonasi lebih lambat dan vocal jelas.
  • Duduk dengan posisi badan yang tegak, pergunakan bantal di belakang punggung agar posisi duduk lebih nyaman.
  • Gunakan gesture tangan seperlunya saja.
  • Be aware of your manner, show enthusiasm for the company and the position.

Jika interview kalian sudah lewat dari 1 bulan dan belum ada kabar lebih lanjut dari HRD, maka kemungkinan besar kamu gagal. Namun, jika kamu sudah mendapatkan email pemberitahuan ditolak/rejected, tetap balas dengan ucapan terima kasih. Jaga hubungan baik, dan ucapkan kalimat "Semoga kita dapat bekerja sama di lain waktu." Selama interview juga harus ingat bahwa kita membawa nama almamater kita, nama keluarga kita, maka selalu tinggalkan kesan diri yang positif.

Pembahasan selanjutnya, yaitu mengenai apa yang recruiter pertimbangkan dalam memproses kandidat. Beliau menyampaikan, yang pertama adalah pengalaman kerja yang kamu miliki di bidang tertentu yang sudah matang dan cukup relevan dengan posisi yang dicari oleh perusahaan, yang kedua yaitu skill, baik itu hard skill maupun soft skill yang kamu jelaskan selama proses rekrutmen berlangsung, dan yang ketiga adalah gaji, apakah gaji yang kamu minta sesuai dengan budget yang HRD punya atau bisa jadi over-budget? Pastikan kamu riset dulu salary on market & data UMR setempat. Yang terakhir yaitu faktor-X, dimana kandidat memilki network/database yang menguntungkan perusahaan, atau prestasi di bidang tertentu yang mampu mendongkrak "profile" perusahaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x