Mohon tunggu...
PPI Tiongkok
PPI Tiongkok Mohon Tunggu... Berdaya-Berkarya-Bersama

PPI Tiongkok merupakan organisasi mahasiswa, sebuah wadah skala nasional yang menaungi berbagai organisasi pelajar Indonesia di seluruh Tiongkok dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa Indonesia bertukar pikiran secara aktif.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Fakta Menarik di Balik Hari Kemerdekaan China

2 Oktober 2020   11:26 Diperbarui: 2 Oktober 2020   11:33 62 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Fakta Menarik di Balik Hari Kemerdekaan China
Sumber: Akun medsos PPI Tiongkok

Pada tanggal 1 Oktober 1949, Republik Rakyat Tiongkok resmi berdiri. Perayaan dan upacara kemenangan diadakan di Lapangan Tian'anmen dengan Mao Zedong yang secara langsung mengibarkan Bendera Nasional Komunis Tiongkok di tengah 300.000 tentara yang berkumpul di alun-alun.

Perlu dicatat di sini bahwa upacara pendirian Republik Rakyat Tiongkok yang diadakan di Lapangan Tian'anmen di Beijing pada tanggal 1 Oktober 1949 bukanlah hari kemerdekaan Tiongkok. Upacara yang digelar di Lapangan Tian'anmen pada saat itu merupakan upacara akbar berdirinya Pemerintah Pusat Republik Rakyat Tiongkok, bukan upacara akbar berdirinya negara.

Berdirinya Republik Rakyat Tiongkok, diumumkan satu minggu sebelum 1 Oktober tahun itu, yaitu 21 September 1949. Pada saat itu, Mao Zedong, Direktur Komite Persiapan Konferensi Konsultatif Politik Rakyat China, mengumumkan kelahiran China Baru dalam pidato pembukaannya di sesi pertama Chinese People's Political Consultative Conference (CPPCC).

Pada pertemuan Komite Nasional Konferensi Konsultatif Politik Rakyat Tiongkok, Xu Guangping mengatakan bahwa Komisaris Ma Xulun tidak dapat hadir dalam pertemuan, namun ia berpesan bahwa berdirinya Republik Rakyat Tiongkok layak untuk dijadikan Hari Nasional. Mao Zedong pun menanggapi bahwa langkah pertama yang harus diambil ialah membuat proposal lalu dikirim kepada pemerintah, kemudian tinggal menunggu pemerintah memberikan keputusan.

Akhirnya, pada 2 Oktober 1949, Pemerintah Rakyat Pusat mengeluarkan resolusi pada Hari Nasional Republik Rakyat Tiongkok, dan menetapkan 1 Oktober sebagai Hari Nasional atau Hari Perancangan Berdirinya Republik Rakyat Tiongkok. Komite Pemerintah Rakyat Pusat menyatakan bahwa: "Terhitung sejak tahun 1950, yaitu pada setiap tanggal 1 Oktober, telah resmi ditetapkan Hari Nasional Republik Rakyat Tiongkok."

Beralih dari informasi yang disebutkan di atas, bagaimana dengan fakta-fakta perayaan Hari Nasional China tahun 2020? Berikut adalah beberapa fakta menarik terkait Hari Nasional China:

1. Merupakan China's Golden Week

Sejak tahun 2000, hari libur nasional ini sering disebut juga sebagai China's golden week, karena meliburkan masyarakatnya pada tanggal 1-7 Oktober dengan hari-hari akhir pekan yang berdekatan menjadi hari kerja wajib untuk mengganti waktu yang hilang. Periode ini disebut golden week karena minggu ini merupakan hari libur terpanjang di China, 7-8 hari berturut-turut supaya masyarakat bisa berkumpul kembali dengan keluarga, melakukan kunjungan keluarga jarak jauh serta mengadakan kegiatan travelling bersama.

2. Bersamaan dengan Festival Pertengahan Musim Gugur Tahun Ini

Pada tahun 2020, Festival Pertengahan Musim Gugur juga jatuh pada tanggal 1 Oktober dan akan digabungkan dengan Hari Nasional. Jika liburan Festival Pertengahan Musim Gugur jatuh dalam periode ini, seperti yang terjadi dalam waktu sekitar satu dari lima tahun, periode liburan biasanya bertambah satu atau dua hari.

3. Upacara Pengibaran Bendera Hari Nasional Terbuka Untuk Umum

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN