Mohon tunggu...
pos mysch
pos mysch Mohon Tunggu... Administrasi - website developer

Akun untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait sistem sekolah dan pendidikan indonesia. Email: myschid@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Solusi Buat Siswa yang Punya Kartu KIP tapi Nggak Dapat Bantuan PIP

30 November 2021   10:34 Diperbarui: 30 November 2021   10:49 521 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: Pikiran Rakyat

Pernahkah bapak / ibu mendapati peserta didik yang sudah punya kartu KIP tapi tidak dapat bantuan PIP? Sebagai guru di sekolah, mungkin sesekali pernah mendapat keluhan semacam itu. Anda sebagai guru tentu tergerak untuk membantu siswa anda supaya segera mendapatkan bantuan yang semestinya agar peserta didik tidak terhambat dalam urusan menuntut ilmu karena masalah keuangan. Pada artikel ini perkenankan admin memberikan sedikit informasi kepada anda terhadap permasalahan ini.

Apa Itu KIP Dan PIP?

KIP adalah kependekan dari Kartu Indonesia Pintar yang merupakan kartu bukti bahwa nama yang tertera pada kartu terdaftar sebagai calon penerima bantuan PIP. Sedangkan PIP adalah kependekan dari Program Indonesia Pintar yang merupakan sebuah program atau kebijakan pemerintah berupa pemberian bantuan pendidikan kepada seluruh siswa yang terkategori berasal dari keluarga yang kurang mampu yang penyalurannya berbentuk uang tunai langsung ke rekening siswa.

Bantuan PIP ini lebih diprioritaskan kepada seluruh peserta didik yang menjadi pemilik KIP. Jadi jelas bahwa antara KIP dan bantuan PIP saling terkait dan pemegang kartu KIP seharusnya berhak mendapatkan bantuan PIP.

Solusi Jika Punya KIP Tapi Tidak Mendapat Bantuan

Dari penjelasan di atas, jelaslah peserta didik pemegang kartu KIP berhak mendapat bantuan PIP. Namun, faktanya beberapa peserta didik pemegang KIP masih banyak yang belum menerima bantuan PIP, baik dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK. Lantas apa penyebab dari tidak cairnya bantuan PIP bagi pemegang kartu KIP ini? Dan bagaimana solusi mengatasi hal demikian? Berikut ini akan kami jabarkan.

  1. Bagi peserta didik yang telah memiliki KIP, bisa saja kartu KIP tidak pernah dilaporkan atau diserahkan kepada pihak sekolah, sehingga hal ini menyebabkan peserta didik yang bersangkutan tidak pernah mendapatkan bantuan PIP. Atas permasalahan ini solusinya bisa dengan memberitahukan kepada peserta didik anda bahwa kartu KIP harus dilaporkan atau diserahkan ke pihak sekolah agar dapat dinominasikan sebagai calon penerima bantuan PIP.
  2. Jika peserta didik pemegang kartu KIP telah melaporkan maupun menyerahkannya kepada pihak sekolah, akan tetapi masih belum mendapatkan bantuan. Dalam hal ini, maka solusinya adalah anda sebagai guru, operator maupun kepala sekolah wajib mengecek kembali apakah data kepemilikan KIP sudah diinputkan ke dalam aplikasi dapodik sebagai nominator penerima bantuan PIP.
  3. Peserta didik telah melaporkan dan/atau menyerahkan KIP kepada pihak sekolah, pihak sekolah juga telah mengecek data pada aplikasi dapodik, namun peserta didik tidak aktif bersekolah sehingga tidak mendapatkan bantuan PIP. Solusi dari permasalahan ini adalah pihak sekolah bisa memberikan pengertian kepada peserta didik untuk melanjutkan dan aktif kembali bersekolah. Karena aturan pemberian bantuan PIP adalah siswa bersekolah secara aktif.
  4. Peserta didik memiliki kartu KIP namun ternyata kartu hilang dan belum sempat terdata oleh sekolah di dapodik. Untuk masalah ini, anda bisa menyarankan kepada peserta didik untuk membuat laporan kehilangan. Kemudian meneruskannya kepada Dinas Pendidikan setempat untuk dibuatkan surat keterangan agar dapat didata oleh sekolah sebagai calon penerima bantuan PIP di aplikasi dapodik.
  5. Peserta didik memiliki dan telah melaporkan KIP ke sekolah, tapi nomor KIP belum diinput ke dalam aplikasi dapodik. Solusinya adalah mintalah kepada operator sekolah untuk menginput nomor KIP ke aplikasi dapodik, pastikan nomor yang diinput adalah nomor yang benar sesuai kartu KIP.

Secara mudah penyebab dan solusinya akan kami rangkum pada tabel di bawah ini:

penyebab-dan-solusi-jika-punya-kartu-kip-tapi-tidak-dapat-bantuan-61a595f08ab1f10486656932.jpg
penyebab-dan-solusi-jika-punya-kartu-kip-tapi-tidak-dapat-bantuan-61a595f08ab1f10486656932.jpg

Cara Mengecek PIP Sudah Cair Apa Belum

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan