Mohon tunggu...
Posma Siahaan
Posma Siahaan Mohon Tunggu... Dokter - Science and art

Bapaknya Matius Siahaan, Markus Siahaan dan Lukas Siahaan. Novel onlineku ada di https://posmasiahaan.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Batuk Darah Tak Sudah, Paru Kiri pun Tinggal Setengah

23 November 2021   13:26 Diperbarui: 23 November 2021   14:02 122 10 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bekas operasi angkat paru,  dok. Pri. 

"Dok,  minta rujukan lagi ke rumah sakit "x", harus diperiksa lagi paru-paru kiri saya yang tersisa. "Kata Pasien pria,  30-an tahun dengan bekas operasi di dada kiri sehabis diangkat sebagian paru-paru kirinya.

"Batuk darahnya masih ada? "Tanya Saya. 

"Sudah tidak pernah lagi,  Dok.  Setelah operasi,  tetapi saya sesekali masih suka sesak. "Jawabnya. 

Pasien ini kira-kira setahun lalu pernah kena COVID19 dan sembuh tetapi ada disertai batuk darah yang banyak,  lebih 2 gelas sehari. 

Sesudah covidnya sembuh,  batuk darah tidak berhenti walau berkurang.  Lalu setelah rawat jalan dan diberikan obat antituberkulosis,  batuk darah sesekali kumat dan harus dirawat inap untuk ditambah darah,  sebab hemoglobinnya pernah turun sekali sampai kurang dari 8%.

Akhirnya setelah beberapa kali perawatan dengan batuk darah yang masif  dan disimpulkan ada lobang  di paru-paru kiri bawah sebesar bola tenis sisa dari proses pengkejuan kuman TBC yang pecah,  maka kami putuskan untuk merujuk si pasien ini ke Dokter Bedah Thoraks. 

Oleh Dokter itu,  dada kiri dibuka,  paru-paru yang berlubang dan selalu berdarah kalau ada tekanan batuk berlebihan maka  diputuskan dibuang,  lalu sisa paru-paru yang sehat dijahit lagi. 

Pasien ini perokok berat waktu remaja sampai saat mulai sesak dan batuk batuk,  dia berhenti tetapi sudah terlambat,  dia harus kehilangan satu lobus parunya. 

Tuberkulosisnya mungkin tertular dari sesama perokok yang memang kondisi paru-parunya pertahanan kekebalan terhadap infeksinya kurang akibat zat zat racun dari rokok. 

Jadi,  bagi anda perokok berat yang sudah mulai batuk darah,  saya tidak menganjurkan anda berhenti merokok lagi,  saya hanya sarankan anda berdoa tidak perlu sampai operasi buka tulang iga untuk mengeluarkan paru-paru yang hancur. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan