Mohon tunggu...
Posma Siahaan
Posma Siahaan Mohon Tunggu... Dokter - Science and art

Bapaknya Matius Siahaan, Markus Siahaan dan Lukas Siahaan. Novel onlineku ada di https://posmasiahaan.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Apakah Saya Guru Honorer yang Paling Sejahtera?

2 Mei 2019   23:50 Diperbarui: 3 Mei 2019   00:03 156
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mengajar dokter internship (magang), dok.pri.

"Dokter pernah jadi guru saya tahun 2004 di Akademi Perawat "M".." Kata salah seorang perawat rumah sakit mengaku, karena termasuk yang sikapnya sangat keterlaluan hormat kepada saya kalau aku datang ke bangsal dan dia giliran menemani "visite" (kunjungan pasien rawat inap). Perawat lain terkadang ada yang berani bercanda dari candaan basa-basi yang sopan, sampai yang rada-rada 17 tahun keatas.

"Oh, iya, ya. Saya masih residen waktu itu (pendidikan spesialis), mengajar kalian pernapasan dan perkemihan, ya?" Tanya saya.

"Iya, dok. Kami sekelas suka kalau dokter mengajar pasti cepat, cuma setengah jaman dan lucu-lucu contoh-contoh kasusnya, jadi mudah diingat..."Katanya.

Walau gaya mengajar saya suka bercanda, namun sebagai murid, dia tidak bisa melepaskan rasa hormatnya kepada guru, apalagi di bidang kesehatan tidak dikenal istilah "bekas guru", sekali guru tetaplah guru, walaupun si guru ini malah pendidikannya nantinya lebih rendah dari muridnya. Misalnya, saya hanya spesialis, murid saya dapat menjadi doktor, dia akan tetap hormati si guru ini sebagai yang dituakan.

Ya, tahun itu sekali mengajar saya digaji 100 ribuan, terakhir tiga tahun lalupun persekali pertemuan saya dikasih honor 200-an ribu, lalu ada uang buat soal dan koreksi soal semesteran di 200 ribuan juga, kalau tidak salah. Satu semester ada 6 kali pertemuan, jadi perenam bulan saya kurang lebih dapat 1,4 juta-an dari lembaga pendidikan kesehatan itu.

Hebatnya, saya mau saja disuruh mengajar tanpa negosiasi harga ilmu saya, karena memang saja suka saja mengajari orang dan kedua saya sudah ada penghasilan utama sebagai dokter. Tetapi status saya tetaplah guru honorer, karena lembaga pendidikan tersebut belum mampu mengangkat tenaga pengajar S2 secara permanen dari spesialis, kalau master kesehatan sepertinya ada.

Saat ini, saya malah tiap hari mengajar secara tidak resmi dokter magang (internship) di rumah sakit tentang kasus-kasus penyakit dalam yang bayarannya disatukan dengan gaji dari rumah sakit, maksudnya, saya ada tugas membimbing dokter-dokter yunior saya di rumah sakit, sebagai bagian dari perjanjian kerja, berapapun jumlah mereka dan berapa kalipun kami bertatap muka, gakinya tetap itulah. Tetapi karena saya suka mengajar, ya tidak masalah.

Bukan hendak merendahkan guru honorer untuk sekolah TK sampai SMTA, tetapi memang sebenarnya guru honorer itu dibayar "pas-pasan" karena ada yang mau dibayar begitu. 

Saya pun mau dibayar seperti diatas, karena memang senang mengajar dan bayaran menjadi penting dan tidak penting. Bagi guru honorer di sekolah pemerintah, saya yakin motivasinya adalah diangkat menjadi ASN (aparatur sipil negara), bagi guru honorer yang di sekolah swasta agak mahal, mungkin saja ada "side job" menjadi guru les tambahan bagi muridnya sendiri di rumah, mengingat siswanya memiliki orang tua yang lumayan mampu misalnya.

Mirip dokter, yang walaupun di rumah sakit pemerintah penghasilannya sedikit lebih tinggi daripada ASN lain, namun dengan bekerja di rumah sakit besar, memiliki nilai marketing tersendiri untuk praktek pribadinya di sore hari dan punya posisi di perkumpulan dokter-dokter.

Maka itu, saya menyarankan setiap guru honorer atau calon guru honorer memikirkan apakah benar-benar serius mau menggantungkan diri 100% dengan pekerjaan itu dan tidak ada penghasilan lainnya? Kalau iya, saya sarankan kencangkan ikat pinggang, rajin-rajinlah ibadah di sela-sela waktu mengajar anda dan anak usahakan satu saja, karena biaya hidup saat ini tinggi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun