Mohon tunggu...
Posma Siahaan
Posma Siahaan Mohon Tunggu... Science and art

Bapaknya Matius Siahaan, Markus Siahaan dan Lukas Siahaan. Novel onlineku ada di https://posmasiahaan.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Uji Nyali Makan Durian, Lemang, Es Kelapa Muda dan Kopi Dalam Satu Acara

13 Januari 2019   02:50 Diperbarui: 13 Januari 2019   02:58 0 17 13 Mohon Tunggu...
Uji Nyali Makan Durian, Lemang, Es Kelapa Muda dan Kopi Dalam Satu Acara
Kompal (dok.pri)

Siapa bilang media sosial membuat orang menjadi anti sosial? Ada yang mau angkat tangan?

Ternyata tidak selamanya benar, kalau itu sudah menyangkut durian atau duren. Mau bagaimana lagi, coba, "gadget" terpaksa disimpan dahulu kalau buah yang harumnya semerbak serta konsistensinya yang lengket antara padat dan cair itu mau disruput ke dalam mulut.

"Jadi ke rumah Mang Du?"Begitulah kira-kira "WA chat" salah satu anggota Kompasianer Palembang (Kompal) kemarin siang dan beberapa orang pun setuju.

Saya pun langsung meluncur karena kebetulan suka durian dan sudah cukup lama tidak berjumpa pak Dues yang bekerja sebagai pimpinan di BRI Sorolangun, Jambi, tetapi keluarganya tetap di Palembang,  beliau sedang cuti.


Hujan (dok.pri)
Hujan (dok.pri)
Hujan yang mengguyur sebagian kota Palembang membuat beberapa teman datang bergantian antara pukul 16.30-18.45, tidak mengurangi kebersamaan, apalagi pak Dues memberi kabar bahagia kantornya juga memenangkan "award" sebagai cabang BRI juara I secara nasional. Ini dikabarkan beliau karena kami bahas K-Reward, Kompasiana Award dan lain sebagainya.



"Nah, harus nambah lagi pestanya..."Kata pak Edi Susanto yang domisilinya di Pagaralam yang jauhnya 7 jam dari Palembang, tetapi sedang di Kota ini untuk menonton pertandingan liga voli nasional. Biasanya tim Bank Sumsel Babel ikut di liga ini.

Durian terindah sore itu (dok.pri)
Durian terindah sore itu (dok.pri)
Yang menarik pertanyaan inti dari teman-teman ke saya ketika durian dimakan, lalu ada air kelapa muda, lalu ada lemang dan terakhir kopi hitam dihidangkan. "Berbahayakah, dok?"

Apa yang harus saya jawab?

Jujur komposisi makanan seperti ini agak "uji nyali", karena semua berkemungkinan menimbulkan masalah di lambung bagi penderita gastritis atau gangguan cerna lainnya, penderita darah tinggi dan penderita diabetes melitus atau kencing manis. Bagi yang tidak memilikinya? Tergantung juga, sih.

Beberapa teman hanya berani memakan durian beberapa butir dan minum sedikit es kelapa muda. tetapi saya makan cukup banyak durian, lalu cukup banyak lemang, dua gelas es kelapa muda dan segelas kopi, ternyata sampai saat ini di pukul 2.45 pagi tanggal 13 Januari 2019, 10 jam setelah makan-makan itu, kondisi masih baik-baik saja.

Oh, iya, saya susah tidur, itu saja.

Tetapi bagi yang ada masalah di lambung, ginjal, jantung, darah tinggi dan diabetes melitus, saya pribadi sarankan jangan coba-coba mirip "callange-callange" di media sosial itu, karena biasanya ada efek negatifnya.

dari FB Kompal
dari FB Kompal