Mohon tunggu...
Posma Siahaan
Posma Siahaan Mohon Tunggu... Dokter - Science and art

Bapaknya Matius Siahaan, Markus Siahaan dan Lukas Siahaan. Novel onlineku ada di https://posmasiahaan.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Ketika Cabai Hijau di Restoran Itu Berbuih

3 Mei 2018   20:30 Diperbarui: 3 Mei 2018   22:27 848
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sambal berbuih (Dokumentasi Pribadi)

"Pesan apa,  pak?" Tanya pelayan restoran kepada saya di suatu hari di suatu restoran di sebuah kota metropolitan yang lebih banyak orang makan di luaran daripada di rumah sendiri. 

"Saya pesan mi goreng "seafood" dan minumannya teh hangat."Kata saya, lalu dia pun berlalu menuju bagian dapur dan sayapun  duduk manis menunggu belasan menit. 

Biasanya saya kalau menunggu makanan di restoran sendirian, saya langsung memainkan "gadget" melihat media sosial dan tentu saja Kompasiana,  tetapi saat itu ternyata saya iseng mau memfoto berbagai barang yang ada di meja makan saya.

"Ups",  tatapan mata saya yang tidak seindah sepasang mata bola dari balik jendela menangkap sebuah fenomena yang   menarik, di wadah sambal cabai hijau iris di hadapanku terlihat berbuih-buih dan baunya sangat asam. Mungkin itu acar sambal yang ada pengawet cukanya,  tetapi buih di air adalah salah satu pertanda adanya aktifitas mikroorganisme yang aktif, makanya saya harus minta ganti. 

"Ini pesanannya, pak. Ada lagi yang dapat dibantu?" Tanya si mbak pramusaji dengan senyum manisnya. 

"Saya boleh minta cabai hijau yang masih baru?  Sambal di meja saya ini sudah berbuih.... "Kata saya dengan senyum simpul. 

Si mbak melihat wadah cabai hijau itu dan dengan sigap semua wadah kecap, sambal sampai merica di  meja saya diambilnya dan diganti baru yang terlihat lebih segar. 

Sering terlewatkan,  terkadang kuman dan bakteri yang membuat diare atau keracunan makanan adalah akibat penyedap tambahan yang ada di atas meja restoran. 

Kecap,  sambal,  mungkin juga acar walaupun dimasak dengan baik dan mungkin diberi pengawet tetap harus dijaga kesegarannya.  Biasanya kalau tidak dimasukkan di kulkas masakan seperti sambal dan cabai akan rusak dalam 3 hari. Kalau dimasukkan ke kulkas bisa lebih seminggu.

Pengawet seperti cuka makan bisa memperlama sedikit tetapi cara menyimpan juga mempengaruhi ketahanannya.

Kalau tidak ditutup dengan baik atau sendok yang dipakai tidak bersih atau setelah restoran tutup si sambal, cabai potong dan tambahan lain tidak disimpan dengan baik, maka akan berkembanglah kuman yang dapat membuat infeksi saluran cerna. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun