Mohon tunggu...
Poppy Hapidah
Poppy Hapidah Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Perkalian Bilangan Asli Melalui Pendekatan Tematik

24 Oktober 2018   12:43 Diperbarui: 24 Oktober 2018   12:53 249
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkalian Bilangan Asli melalui Pendekatan Tematik

 

Keberhasilan proses pembelajaran tidak terlepas dari perencanaan pembelajaran yang didesain dengan memperhatikan karakteristik dan kebutuhan siswa selama pembelajaran. 

Proses kebermaknaan dalam pembelajaran mampu tercipta melalui pendekatan tematik. Penyajian materi yang terdiri dari beberapa konsep mata pelajaran diwadahi dalam satu tema yang sama, sehingga pemisahan mata pelajaran tidak tampak pada pembelajaran tematik.

 Tema yang disajikan saat pembelajaran merupakan topik yang tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari siswa. Pendekatan tematik mampu memberikan pengalaman langsung kepada siswa dengan proses pembelajaran berpusat pada siswa.  

Keaktifan siswa selama proses pembelajaran mampu menumbuhkan keterampilan berfikir, berkomunikasi, memecahkan masalah, konektivitas, dan keterampilan sosial.

Bertemali dengan hal tersebut, penanaman konsep bilangan asli perlu dilakukan dengan memberikan pengalaman melalui benda konkret sebagai sarana belajar. Intensitas siswa dalam latihan secara berulang dan konsisten berbantuan media pembelajaran yang interaktif mampu menciptakan pengenalan fakta dasar perkalian dapat lebih efektif. 

Kegiatan yang bisa dijadikan alternatif adalah penggunaan tabel perkalian bilangan asli yang pengisiannya dilakukan oleh siswa sendiri. Selain itu, pembelajaran bisa dikemas dalam sebuah permainan sederhana tentang perkalian.

Pembelajaran matematika di kelas II sekolah dasar dengan materi perkalian menggunakan benda konkret mampu menimbulkan kreativitas siswa dalam memahami konsep perkalian dibandingkan hanya menggunakan simbol langsung dan contoh langsung dari buku sumber saja. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah mengenai perkalian pada umumnya berdasarkan pemahaman dan pengalamnnya sendiri. 

Berkaitan dengan hal tersebut, sering dijumpai dalam pembelajaran ketika siswa diberikan satu soal yang sama mampu menjawab dengan jawaban yang sama meskipun melalui cara penyelesaian yang berbeda. Oleh karena itu, dalam memberikan contoh soal, guru harus mampu memaparkan secara terperinci agar siswa mampu memahami betul langkah penyelesaian yang seharusnya.

Pemahaman siswa yang telah terbentuk melalui aktivitas siswa saat mengotak-atik benda konkret kemudian dikaitkan dengan persepsi awal siswa mengenai perkalian bilangan asli. Melaui cara tersebut, siswa tidak hanya sebatas menghafal urutan perkalian saja melainkan mampu pula menunjukkan secara konkret kuantitas suatu objek. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun