Mohon tunggu...
MUHAMMAD SONY MAULANA
MUHAMMAD SONY MAULANA Mohon Tunggu... Dosen - Universitas Bina Sarana Informatika

Penulis adalah dosen aktif di Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Kota Pontianak, aktif diberbagai Organisasi Keilmuan dan Masyarakat. Hobi menulis, kuliner, masak dan jalan-jalan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Prodi Sistem Informasi UBSI Pontianak Ciptakan Iklim Akademik di Tengah Pandemi

24 Februari 2021   10:06 Diperbarui: 24 Februari 2021   10:25 113 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Salah Satu Kegiatan Seminar Di Masa Pandemi (dokpri)

Program Studi Sistem Informasi Kampus Pontianak Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) merupakan salah satu PSDKU (Program Studi Diluar Kampus Utama)  yang terletak di Kota Pontianak . Kampus ini dulunya bernama AMIK BSI Pontianak sebelum adanya terbentuk menjadi Universitas Bina Sarana Informatika.  Program Studi Sistem Informasi Kampus Kota Pontianak bertujuan menciptakan generasi muda IT dibidang programmer dan junior sistem analis. Saat ini Universitas Bina Sarana Informatika dan  Program Studi Sistem Informasi sudah terkareditasi B, sehingga sangat menjamin masa depan lulusan terutama di Kota Pontianak.

Selama pandemi covid 19 yang melanda Indonesia, sejak resmi dinyatakan Pemerintah pada Maret 2020 hingga saat ini, tentunya tidak membuat kegiatan-kegiatan mahasiswa seperti perkuliahan, seminar, workshop dan sertifikasi terhenti begitu saja. Ada aturan yang jelas tentang proses belajar mengajar dari tingkat PAUD sampai Perguruan Tinggi yang diatur oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia melalu Mas Menteri Nadim Makarim.

Kegiatan perkuliahan UBSI Kampus Pontianak selama periode Pandemi Covid 19 dilaksanakan secara daring, begitu juga untuk kegiatan-kegiatan akademik yang mengerahkan massa seperti seminar, workshop dan sertifikasi kompetensi.

Kegiatan-kegiatan internal mahasiswa dan dosen tetap kita laksanakan secara daring dalam mendukung terciptanya iklim akademik dan terus meningkatkan kualitas dan prestasi mahasiswa. Bahkan untuk rapat dan persamaan persepsi mata kuliah juga kita lakukan secara daring.

Beberapa kegiatan yang telah dilakukan prodi sistem informasi UBSI Kampus Pontianak sejak Maret 2020 hingga sekarang diantaranya seminar "Pemanfaatan Docker Sebagai Arsitektur Aplikasi Berbasis Mikro Service" yang ditujukan untuk dosen-dosen sistem informasi pengampu matakuliah Teknologi Web Service. Materi yang disampaikan pada seminar ini terkait perkembangan pembuatan aplikasi yang sudah mengarah kepada arsitektur micro service salah satunya dengan memanfaatkan docker dalam membuat aplikasi. Manfaatnya dapat mempermudah aplikasi-aplikasi kecil bekerjasama tanpa membutuhkan resources yang besar. Mata kuliah Teknologi Web Service sendiri salah satu mata kuliah unggulan di Program Studi Sistem Informasi.

Untuk mahasiswa, program studi sistem informasi telah mempersiapkan seminar dan workshop terkait sertifikasi kompetensi sesuai keilmuan salah satunya mengadakan workshop dan uji profisiensi sistem basis data secara daring yang bekerja sama dengan Preinexius, sebagai salah satu Lembaga Sertifikasi Profesi dibidang Informatika dan komputer. Mahasiswa yang menjadi peserta dalam kegiatan ini sebanyak 124 orang dan yang berhasil lulus sebanyak 120 orang.

Selain itu, prodi mendukung mahasiswa untuk mengikuti kompetensi di bidang Bahasa pemrograman C++ melalui Netacad Academy sebagai salah satu vendor resmi yang menyediakan pelatihan dan uji uji pengetahuan C++ dalam bentuk "Programming Essential in C++".  Kegiatan ini dilakukan dalam waktu dua bulan dengan mengasah kemampuan mahasiswa dalam bentuk soal-soal logic program di situs netacad. Hasilnya dari 121 mahasiswa yang terdaftar dan turut serta dalam kegiatan ini 110 diantaranya lulus dengan sangat baik karena syarat kelulusannya adalah memiliki grade 80 keatas.

Dukungan untuk mahasiswa dalam mengikuti  lomba-lomba mahasiswa tingkat nasional seperti Gemastik dan memenuhi kebutuhan DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) diberikan melalui seminar dan workshop secara daring  agar mahasiswa terus berkarya dan beprestasi. Salah satunya adalah keterampilan dibidang UI/UX desainer. Workshop ini mengkaji tentang pentingnya UI (user interface) dan UX (user experience) dalam pengembangan sebuah aplikasi ini agar pengguna merasakan kemudahan dan kesenangan dalam menggunakan aplikasi. Hal ini tentunya memacu mahasiswa untuk berpikir kreatif terhadap aplikasi yang diciptakan mereka. Karena tidak hanya memikirkan kemanfaatan program tetapi juga memikirkan kemudahan dan kesenangan pengguna terhadap aplikasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan