Mohon tunggu...
POLTAK EFRISKO BUTARBUTAR
POLTAK EFRISKO BUTARBUTAR Mohon Tunggu... Profesional Development - Sokrates - Binus Creates

Bekerja di Profesional Development - Sokrates - Binus Creates dan juga sebagai trainer dalam dunia pendidikan khususnya dalam penerapan teknologi dalam proses pembelajaran.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Kolaborasi

3 April 2021   10:53 Diperbarui: 3 April 2021   10:59 53 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kolaborasi
Dokumentasi Pribadi

Selain Berpikir Kritis, salah satu skill atau life skill yang perlu dilatih atau dipelajari oleh peserta didik dalam menghadapi era digital di masa generasi penganti kita dimasa yang akan datang adalah berkolaborasi dan saat ini sudah terlihat dengan jelas bahwa berkolaborasi sudah menjadi bagian dari bisnis digital di Indonesia. 

Perhatikan saja Bisnis Online yang ada saat ini? Mereka semua berkolaborasi, bisnis jasa transportasi online tetapi tidak memiliki kendaraan sendiri,menjual barang yang tidak mereka produksi sendiri, menjual makanan yang mereka tidak memiliki dapur sendiri tetapi berkolaborasi dengan pihak lain. 

Hal ini akan terus berlangsung hingga kita tidak tahu sampai kapan bisnis seperti ini akan ada bahkan mungkin bisnis seperti ini akan terus ada sampai selamanya.

Sesungguhnya masyarakat Indonesia sudah sejak lama memiliki skill ini karena masyarakat Indonesia memiliki prinsip gotong royong yang sudah ada dan musyawarah mufakat yang dapat dijadikan sebagai dasar dalam melakukan kolaborasi meskipun saat ini sudah mulai terkikis akibat kemajuan zaman yang ada saat ini. 

Jika direnungkan dengan baik, apa yang sudah kita miliki itu akan sangat luar biasa indah dan itu tidak akan ada yang mampu menandinginya. 

Masyarakat saling bahu membahu dalam mengembangkan masyarakatnya dalam berbagai hal, contohnya setiap Desa di Indonesia ini memiliki sebuah produk unggulan dan mereka saling berkolaborasi dalam menjual produk yang dihasilkan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. 

Masyarakat yang memiliki kemampuan pemasaran membantu memasarkan barangnya, sebagian lagi menyediakan bahan bakunya, sebagian lagi melakukan proses produksi, sebagian lagi mengatur proses pengiriman barang dan masyarakat saling ambil bagian dalam mensukseskan proses penjualan barang yang diproduksi mereka. 

Jika satu desa menghasilkan satu produk maka akan ada ribuan produk yang dihasilkan oleh Desa dan akan menjadi sebuah kekuatan ekonomi baru yang Indonesia miliki.

Dunia Pendidikan diingatkan Kembali untuk memperhatikan hal ini dengan bentuk yang berbeda meskipun dalam implementasinya merupakan hal yang sama yaitu Kolaborasi. 

Kolaborasi bukanlah hal yang mudah karena tidak semua bangsa di dunia ini mampu melakukannya apalagi di zaman modern saat ini dimana penduduknya cenderung bersifat individualistis sehingga dunia Pendidikan dapat mendorong hal ini kembali melalui proses pembelajaran yang dilakukan di kelas. 

Misalkan di zaman proses pembelajaran Online saat ini, banyak peserta didik yang stress dikarenakan masing-masing Guru memberikan tugas sehingga tugas para peserta didik menumpuk dan pada akhirnya mereka cenderung untuk malas untuk mengerjakannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN