Mohon tunggu...
POLTAK EFRISKO BUTARBUTAR
POLTAK EFRISKO BUTARBUTAR Mohon Tunggu... Profesional Development - Sokrates - Binus Creates

Bekerja di Profesional Development - Sokrates - Binus Creates dan juga sebagai trainer dalam dunia pendidikan khususnya dalam penerapan teknologi dalam proses pembelajaran.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Aplikasi Nearpod Mendukung PJJ

26 September 2020   10:49 Diperbarui: 26 September 2020   10:59 113 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Aplikasi Nearpod Mendukung PJJ
Capture dari aplikasi Nearpoad

Dalam situasi pendemi saat ini dimana sebagian besar peserta didik belum dapat melakukan proses pembelajaran di sekolah seperti biasanya sehingga menuntut Guru atau para pendidik untuk bekerja lebih keras memutar otak supaya proses pembelajaran dapat berjalan walaupun secara jarak jauh dan menggunakan jaringan internet yang belum tentu semua Guru dapat memanfaatkannya secara maksimal.

Ada banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan oleh Guru dalam melakukan proses pembelajaran dan dari sekian banyak aplikasi tersebut ada aplikasi yang cukup menarik bagi penulis yaitu aplikasi Nearpod. Apa menariknya Nearpod? Salah satunya karena aplikasi ini terintegrasi dengan beberapa aplikasi lain seperti Google Slides, Phet.com, Sway, VR Field Trip dan mungkin kedepannya akan ditambahkan lagi dengan beberapa aplikasi lain yang sekiranya dapat diintegrasikan.

Di samping itu Nearpod juga memiliki fitur papan untuk melakukan kolaborasi dimana Peserta didik dan Guru dapat saling mengisi board tersebut disamping itu ada juga beberapa aktivitas yang dapat kita lakukan pada Nearpod sehingga aplikasi ini terlihat lebih menarik, seperti : Quiz, Draw it untuk menggambar, Memory test, Poll dan lain-lain yang membuat aplikasi ini terlihat menarik.

capture dari aplikasi Nearpoad
capture dari aplikasi Nearpoad
Dengan tools-tools yang terintegarasi dengan Nearpod ini maka proses pembelajaran akan lebih menarik untuk peserta didik. Pada tulisan kali ini Penulis tidak dapat mengulas secara keseluruhan karena penulis berharap para pendidik dan tenaga kependidikan dapat langsung mencoba sendiri supaya dapat merasakan langsung apa yang dapat digunakan untuk memaksimalkan proses pembelajarannya walaupun secara online. Untuk tulisan ini yang akan penulis ulas adalah tools Phet.com dimana aplikasi ini merupakan aplikasi untuk melakukan simulasi dan penulis rasa ini sangat tepat untuk digunakan oleh Guru-guru Sains ataupun guru-guru lain.

Dengan menggunakan Phet.com pendidik dapat mensimulasikan materinya sehingga tidak hanya teori saja dan para peserta didik dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran. Phet.Com sendiri selama ini sudah penulis gunakan tetapi langsung ke Phet.Comnya tidak melalui Nearpod. Adapun langkah yang dapat dilakukan untuk mengakses Phet.com melalui Nearpod yaitu dengan mengklik Add Slide lalu pilih Phet -- pilih mata pelajaran yang ingin disimulasikan dan kita bisa langsung menggunakan tool-tools untuk melakukan simulasi.

Tools ini menurut penulis sangat baik jika dapat dimanfaatkan mengingat untuk saat ini belum dapat melakukan simulasi secara langsung di laboratorium yang ada di sekolah sehingga dengan ini mereka dapat melakukan simulasi secara online tanpa harus ke Lab.

Capture dari aplikasi Nearpod
Capture dari aplikasi Nearpod
Semua aplikasi memiliki kelebihan dan keterbatasan sama halnya dengan Nearpod tentunya ada juga kelemahannya tetapi dengan system yang terintegrasi maka rasanya sangat tepat jika hal ini dapat kita gunakan dalam memperkaya materi ajar kita dalam melaksanakan proses pembelajaran jarak jauh (PJJ). Salam Merdeka Belajar

VIDEO PILIHAN