Mohon tunggu...
POLTAK EFRISKO BUTARBUTAR
POLTAK EFRISKO BUTARBUTAR Mohon Tunggu... Profesional Development - Sokrates - Binus Creates

Bekerja di Profesional Development - Sokrates - Binus Creates dan juga sebagai trainer dalam dunia pendidikan khususnya dalam penerapan teknologi dalam proses pembelajaran.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Sudah Siapkah Kembali ke Sekolah?

24 Agustus 2020   09:06 Diperbarui: 24 Agustus 2020   09:06 45 1 0 Mohon Tunggu...

Pemerintah telah memberikan keleluasaan untuk sebagian daerah khususnya yang berada di Zona hijau untuk membuka sekolah meskipun situasi pandemi saat ini masih terus mengalami peningkatan yang cukup tinggi, hal ini bisa dilihat dari jumlah orang yang terpapar Covid 19 belum ada tanda-tanda penurunan bahkan kalau penulis bisa katakan situasi semakin mengkwatirkan jika dilihat dari sisi korban dari Covid 19.

Penulis benar-benar memahami akan rencana pemerintah tersebut untuk membuka sekolah di Zona hijau meskipun dengan beberapa syarat yang cukup ketat dan yang pasti ada persetujuan dari orang tua untuk mengijinkan anaknya untuk mengikuti proses pembelajaran secara tatap muka. Belajar dari Korea Selatan yang sempat membuka sekolah dan kembali menutup kembali dikarenakan munculnya kasus-kasus baru setelah sekolah kembali dibuka.

Hal yang terjadi seperti di beberapa Negara yang sempat membuka sekolah sebaiknya menjadi sebuah pelajaran bagi kita jika sesungguhnya sekolah sebaiknya tidak dibuka sampai pandemi ini selesai. Pendidikan itu memang penting tetapi ada hal yang lebih utama dari itu yaitu kesehatan, baik itu kesehatan pendidik maupun peserta didik. Jangan sampai sekolah menjadi cluster-cluster baru penularan Covid 19.

Semua pihak diharapkan untuk bersabar, situasi dan kondisi saat ini memang diluar kendali kita semua. Siapa sih yang tidak ingin semua kembali ke sekolah dan mereka belajar secara tatap muka seperti sediakala tetapi apa artinya sekolah dibuka tetapi anak-anak kita menjadi terpapar Covid 19, hal itu tidak ada artinya malah akan cenderung merugikan kita semua baik peserta didik maupun sekolah.

Bagaimana jika Sekolah mampu mengikuti Protokol Kesehatan?  Siapa yang mampu menjamin jika sekolah telah mengikuti protokol kesehatan maka peserta didik tidak akan terkena Covid 19 karena hingga saat ini belum ada sebuah penelitian yang mampu memastikan apa dan bagaimana Virus Covid 19 ini melakukan penularannya karena dari hasil penelitian yang dilakukan berbagai lembaga dan berbagai Negara hasilnya berbeda-beda termasuk di Negara kita.

Jika penulis dapat memberikan saran sebaiknya sekolah dibuka jika pandemi ini benar-benar sudah hilang dari muka bumi ini demi keselamatan generasi pengganti kita. Untuk mendidik anak-anak kita, bisa dilakukan dengan berbagai daya dan upaya tetapi untuk menyembuhkan anak kita dari Covid 19 tidak ada cara lain selain mengikuti prosedur kesehatan yang sudah ditetapkan. Salam Merdeka Belajar

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x