Mohon tunggu...
POLTAK EFRISKO BUTARBUTAR
POLTAK EFRISKO BUTARBUTAR Mohon Tunggu... Profesional Development - Sokrates - Binus Creates

Bekerja di Profesional Development - Sokrates - Binus Creates dan juga sebagai trainer dalam dunia pendidikan khususnya dalam penerapan teknologi dalam proses pembelajaran.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Transformasi Digital dalam Dunia Pendidikan

27 Januari 2020   16:19 Diperbarui: 27 Januari 2020   16:34 1373 1 1 Mohon Tunggu...

Dunia saat ini sedang menuju transformasi dari 3.0 ke 4.0 dengan segala tangtangan yang ada, tidak ada satu negara pun yang akan sanggup untuk menghindari hal tersebut jika ingin terus bertahan dalam menciptakan kesejahteraan masyarakatnya termasuk dalam hal ini Indonesia. 

Semua bidang akan mengalami hal yang sama dan tidak ada satu bidangpun yang akan mampu menolak hal tersebut termasuk dalam dunia Pendidikan.

Pendidikan tidak akan dapat lepas dari perkembangan dunia, termasuk dalam dunia teknologi dan dunia-dunia lain yang mengikutinya karena bagaimanapun dunia Pendidikan harus mengikuti perkembangan yang terjadi khususnya dunia usaha dan dunia industri karena bagaimanapun sebagian besar hasil dari dunia Pendidikan akan masuk ke dalam dunia tersebut, sehingga roda perekonomian sebuah negara dapat terus berputar dengan mengikuti perkembangan yang ada.

Apakah dunia Pendidikan harus melakukan transformasi digital

Secara teknologi tentunya dunia Pendidikan harus bertransformasi ke arah digital karena hal tersebut sudah menjadi tuntutan dari perkembangan dunia saat ini meskipun dalam prakteknya tidak semua materi dapat disampaikan secara digital tetapi paling tidak, dunia digital akan membantu Guru dan peserta didik dalam melakukan proses pembelajaran terlebih telah munculnya paradigma Pendidikan di Abad 21.

Transformasi digital tidak semata-mata penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran tetapi lebih dari itu, para peserta didik harus mampu berpikir seperti cara berpikir teknologi atau saat ini lebih dikenal dengan computational thinking (cara berpikir komputasi) karena hal ini akan menjadi salah kompetensi yang wajib dimiliki oleh setiap peserta didik pada masa depan mereka. 

Computational Thinking (CT) adalah proses berpikir yang diperlukan dalam memformulasikan masalah dan solusinya, sehingga solusi tersebut dapat menjadi agen pemroses informasi yang efektif dalam menyelesaikan masalah (2011, Jeannette). 

Jika ditelaah lebih dalam mengenai definisi tersebut dapat kita lihat bahwa CT merupakan sebuah proses pemikiran yang terlepas dari teknologi serta merupakan metode penyelesaian masalah yang dirancang untuk dapat diselesaikan dan dijalankan oleh manusia, komputer maupun keduanya.

Sebuah perusahaan teknologi terbesar saat ini juga telah menyampaikan bahwa CT merupakan salah satu kompetensi diluar kompetensi yang disampaikan oleh UNESCO yang akan sangat diperlukan oleh seorang peserta didik karena mereka akan menghadapi persoalan-persoalan baru yang mungkin saat ini belum pernah dihadapi oleh generasi saat ini dan itu harus mulai dilatih mulai saat ini.

Perlu kita ingat juga bahwa teknologi pada dasarnya hanya alat bantu dalam melakukan sebuah proses pembelajaran tetapi yang paling penting untuk diimplementasikan adalah bagaimana pelaksanaan proses pembelajaran berdampak pada change behavior (perubahan perilaku) peserta didik sesuai potensi dan talenta yang telah dimiliki oleh peserta didik dan hal tersebut sesungguhanya tergantung kemampuan dari setiap Guru dalam menyusun design instructional proses pembelajaran untuk mencapai tujuan tersebut.

Tantangan dunia Pendidikan yang semakin berat juga menambah alasan untuk dunia Pendidikan dimana salah satunya adalah belum maksimalnya sinergitas dunia Pendidikan dengan dunia usaha dan dunia industri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN