Mohon tunggu...
Anna
Anna Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Hanya seorang mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Diary

Sebuah Cerita Alasan

27 September 2022   16:55 Diperbarui: 27 September 2022   16:58 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Nama saya Hasna Nur'azizah saya biasa dipanggil Anna oleh orang-orang terdekat saya. Saya adalah mahasiswi Kimia dari Universitas Islam Negeri Jakarta. Ini adalah tulisan pertama saya. Kali ini saya akan menceritakan tentang saya yang bisa berada di jurusan Kimia.

Asal mula saya memutuskan dan memilih jurusan Kimia, tak lain karena saya terinspirasi dengan orang disekitar saya. Guru kimia sekolah saya, guru les kimia dan sepupu, saya ucapkan terima kasih karena telah membuat saya berani mengambil keputusan ini. Dimana saat itu saya masih terjebak dalam pikiran saya, "Setelah ini saya harus kemana?" Beliau-beliau lah yang membuat saya termotivasi untuk masuk jurusan kimia. Jika ditanya, "Apakah ada jurusan yang Anda minati sebelumnya?" Maka saya akan menjawab tegas, "Ya, tentu saja."

Astronomi, sesuatu yang saya dambakan. Saat itu saya masih berumur delapan tahun, melihat sebuah buku dengan sampul bola-bola besar di langit. Karena tertarik saya pun meminta kepada orang tua saya. Dalam otak kecil saya, saya hanya ingin tahu kenapa bola-bola tersebut mempunyai nama yang aneh? Dan setelah itu saya mulai menyukai astronomi. 

Beranjak SMA saya mulai memantapkan diri untuk masuk jurusan ilmu astronomi. Tetapi awal tahun 2021, saat saya mengikuti kelas online astronomi, ada sepenggal kalimat yang saya ingat "Astronomi lebih menyenangkan dijadikan hobi." Dan saya berpikir jika saya menjadikan astronomi sebagai pekerjaan, tuntutan akan lebih banyak dan mungkin ada pada saatnya saya sudah tidak menikmati astronomi sebagai hobi lagi. Dan tentu saja saya akan memiliki pandangan yang berbeda tentang astronomi. Kemungkinan buruknya saya dapat membeci astronomi sebagai hobi saya. 

Walaupun hobi saya bukan hanya astronomi saja, tetapi saat saya membayangkan astronomi menjadi suatu hal yang saya benci, mungkin saya akan kehilangan 'kenangan' masa kecil dan remaja saya. Karena itu saya memutuskan untuk memutar arah jalan saya, walau di ujung putaran saya bertanya "Setelah ini saya harus kemana?" dan rasanya Allah memberikan petunjuk untuk saya melalui orang-orang disekitar saya. Maka saya pun memutuskan masuk jurusan Kimia.

Selain astronomi, saya memiliki kegemaran yang lain. Saya menyukai bacaan fiksi, saya juga menyukai musik.

Terima kasih sudah membaca cerita saya, mungkin untuk hobi lain saya akan menceritakannya kapan-kapan. Sekali lagi terima kasih dan sampai jumpa!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun