Mohon tunggu...
Komang Sumertawan
Komang Sumertawan Mohon Tunggu... Dokter - Tentang Saya

An Ayurvedic Physician, now stay in Ubud, Bali

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Pentingnya Menguasai Pengetahuan Tentang Produk yang Dijual dalam Bisnis Online

17 Maret 2012   19:02 Diperbarui: 25 Juni 2015   07:54 1720
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
13320107671784346209

[caption id="attachment_166711" align="aligncenter" width="300" caption="jual beli online"][/caption]

Kembali membahas tentang bisnis online. Poin yang akan coba saya bahas adalah penguasaan pengetahuan tentang produk yang dijual. Mengapa penguasaan pengetahuan tentang produk ini penting? Penting karena kalau kita tidak tahu mengenai produk yang kita jual, lalu bagaimana kita bisa menjual produk kita, bagaimana kita menjelasakan kepada pembeli tentang deskripsi produk, bagaimana kita menjelaskan keunggulan-keunggulan dari produk kita untuk membuat pembeli tertarik untuk membeli, dan banyak lagi alasan lainnya.

Pentingnya mengetahui deskripsi dari barang yang kita jual yaitu untuk mempermudah kita dalam menjelaskan kepada calon pembeli tentang produk tersebut. Mengapa menjelaskan itu perlu, bukankah bisa hanya dengan memberikan deskripsi secara tertulis? Memang bisa hanya dengan memberikan penjelasan secara tertulis, namun berdasarkan beberapa pengalaman saya walaupun dalam pemasangan iklan terhadap suatu barang kita sudah menuliskan panjang lebar penjelasan tentang barang tersebut, calon pembeli tetap menanyakan secara langsung tentang deskripsi barang via telpon, atau dengan membuat janji bertemu langsung. Ini membuktikan bahwa calon pembeli lebih senang jika mendapat penjelasan mengenai barang yang akan dibelinya secara langsung melalui ucapan secara langsung. Pembeli merasa lebih yakin jika mendapat penjelasan langsung, apalagi jika yang memberi penjelasan memiliki kemampuan lebih dalam berinteraksi dengan orang lain, maka bisa dipastikan calon pembeli akan langsung membeli barang yang kita jual. Itu bahasan mengenai deskripsi secara umum.

Bisa menjelaskan keunggulan-keunggulan produk yang kita jual. Penjelasan mengenai keunggulan produk yang kita jual biasanya akan kita lakukan saat calon pembeli mulai menghubungi kita. Sudah bisa dipastikan bahwa pembeli tidak ingin kecewa setelah membeli suatu produk. Oleh karena itu sebelum ia memutuskan untuk membeli maka ia biasanya akan bertanya terlebih dahulu untuk mengetahui lebih jauh mengenai kelebihan dan kekurangan barang yang akan dibeli, sehingga pembeli bisa mengira-ngira keuntungan dan kerugian membeli barang yang kita jual. Tentu ini merupakan tantangan bagi kita sebagai penjual untuk meyakinkan pembeli tentang keunggulan barang yang kita jual dan meyakinkan dengan membeli barang kita pembeli akan mendapat banyak keuntungan. Saat kita sebagai penjual mampu meyakinkan dan calon pembeli tampak sudah yakin, maka bisa dipastikan barang yang dijual akan dibeli dan bahkan jika pembeli merasa puas, iaakan mereferensikan kepada teman-temannya.

Ada satu pengalaman saya saat mengantar salah satu teman untuk membeli laptop  di Jogjatronik, Yogyakarta. Di salah satu toko saya masuk hanya untuk bertanya-tanya. Saya disambut oleh salah seorang dari penjual. Saya iseng bertanya kelebihan dari salah satu laptop yang di pajang di etalasenya dibanding dengan laptop di sebelahnya. Si penjual malah tersenyum dan hanya menjawab”pokoknya ini lebih bagus deh mas dari yang ini”. Saya tanya kenapa lebih bagus? Ia hanya tersenyum dan hanya geleng-geleng kepala. Maka saya langsung saja mengatakan terimakasih dan berlalu pergi. Saya bisa memastikan toko tersebut tidak akan berhasil menjual 1 barang pun jika semua karyawannya seperti mas-masa yang menyambut saya. Karena sebagai penjual ia sama sekali tidak memiliki pengetahuan tentang barang yang dijual dan tidak bisa menjelaskan keunggulan barang yang dijualnya.

Di akhir tulisan ini saya hanya ingin mengakak rekan-rekan yang melakukan bisnis online maupun offline, pastikan bahwa anda menguasai pengetahuan tentang produk yang anda jual, dan saat penjual bertanya berikan jawaban yang sedetail-detailnya agar calon pembeli menjadi yakin 100% bahwa dengan membeli produk anda ia akan mendapatkan banyak manfaat. Jika calon pembeli sudah yakin….produk anda pun laku.

salam sukses.

also posted in JOGJASPIRIT

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun