Mohon tunggu...
Triyatni Ashari
Triyatni Ashari Mohon Tunggu... Full Time Blogger - 日本語 🎓| An Educator | Mompreneur | Blogger | Ex-Broadcaster

Netizen Belajar | Amateur Writer | "Merendahlah, sehingga tidak ada seorang pun yang bisa merendahkanmu. Mengalahlah, sehingga tidak ada seorang pun yang bisa mengalahkanmu" ~ Kang Maman | Blog : https://www.pohontomat.com

Selanjutnya

Tutup

Money

J&T Express : Pelayanan Barang Dijemput, Hingga Sejarah yang Bikin Hanyut

11 Desember 2019   13:45 Diperbarui: 11 Desember 2019   13:54 875
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ERA DIGITAL 4.0 YANG SERBA PRAKTIS

Siapa yang hari ini tidak membutuhkan jasa pengiriman? Sejak dulu hingga kini, jasa pengiriman atau jasa ekspedisi sangatlah penting baik dalam kepentingan individual maupun kepentingan pekerjaan dan usaha. Apalagi Indonesia adalah negara Kepulauan. Untuk menjamin sebuah barang bisa sampai ke pulau terpencil, diperlukan sarana distribusi dan transportasi yang memadai. Sebuah jasa ekspedisi yang mumpuni. 

Dalam arti kata Kamus Besar Bahasa Indonesia, ekspedisi /ek*spe*di*si //kspedisi/  berarti n 1 pengiriman surat, barang, dan sebagainya; 2 perusahaan pengangkutan barang; 3 Huk salinan yang sama bunyinya (tentang vonis atau akta); 4 perjalanan penyelidikan ilmiah di suatu daerah yang kurang dikenal; 5 Mil pengiriman tentara untuk memerangi (menyerang, menaklukkan) musuh di suatu daerah yang jauh letaknya.

Yang membedakan ekspedisi dulu dan sekarang adalah proses pengiriman dan pertukaran data yang lebih cepat, otomatis, dan efisien. Saat pengiriman dulu, kita harus melakukan semuanya serba manual, mulai dari pengantaran, pencatatan, pengiriman hingga penerimaan yang masih bergantung akan bantuan manusia. Sedangkan di era digital 4.0 saat ini, proses menjadi lebih efisien dengan tekonlogi mutakhir.

Dalam wikipedia dijelaskan bahwa era 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala, komputasi awan, dan komputasi kognitif.

Maka tidak salah, banyak keuntungan yang didapatkan dari adanya kecanggihan teknologi masa kini. Termasuk dalam bidang ekspedisi, yang kini juga ikut merasakan manfaat dari era digital 4.0 saat ini. Salah satunya adalah ekspedisi J&T Express.

PENGALAMAN JUALAN ONLINE DENGAN EKSPEDISI LOGISTIK J&T EXPRESS

Mulai jualan di situs e-commerce kurang lebih setahun lalu. Awalnya saya hanya menjual paket data, pulsa dan sebagainya. Lalu berkembang untuk menjual masker wajah, juga beberapa alat-alat unik yang bisa digunakan sehari-hari. Lama-kelamaan saya memanfaatkan situs tersebut sebagai transaksi terpercaya dari tempat jualan lain. Seperti dari tempat jualan barang bekas.

Jualan barang bekas memang cukup tinggi peminatnya, apalagi barang tersebut masihseperti baru dan bermanfaat. Dengan harga miring orang-orang bisa mendapatkan barang bekas jauh lebih murah dari harga baru. Saya juga memanfaatkan jual barang bekas sebagai bentuk belajar hidup minimalis dengan mengurangi barang-barang yang tidak lagi digunakan. Kadang ada barang yang bisa COD (bertemu langsung penjual dan pembeli), kadang jika pembeli orang jauh saya menjualnya via situs e-commerce tadi. Selain lebih dipercaya, ada kerjasama antara pihak logistik jasa ekspedisi dengan pihak e-commerce.

Kerjasama apa? Salah satunya diskon pengiriman yang sangat bermanfaat. Dengan adanya fasilitas tersebut, pembeli bisa dengan mudah mendapat potongan ongkos kirim (ongkir) dibanding mengirim sendiri. Selain itu penjual juga tidak perlu repot mengurus ongkos kirim karena pihak logistik akan dibayar langsung pihak e-commerce.

Saya pribadi selama jualan online pun hanya memilih satu jasa ekspedisi yang saya percaya dan memang banyak untungnya, yaitu J&T Express. Jadi jika teman-teman ada yang berbelanja di toko saya, maka akan menemukan hanya 1 variasi kurir logistik, yaitu J&T Express. 

Kenapa saya memilih J&T Express?

1. Layanan Jemput di Rumah

Ini adalah layanan yang paling menguntungkan buat saya seorang emak-emak yang memiliki anak balita. Bagaimana tidak? Agak sulit jika saya harus keluar sambil membawa barang dan si kecil dengan menggunakan kendaraan bermotor. Apalagi tempat tinggal saya agak terpencil dari kota. Oleh karena itu, karena ada pilihan penjemputan oleh pihak logistik, saya sangat memanfaatkan itu. Saya pun tinggal menunggu kurir datang setelah mengemas barang. Tanpa minimal berat barang, tanpa ongkir tambahan, saya bisa menikmati waktu yang luang dengan mengerjakan hal yang lainnya.

2. Cepat

Yang saya tahu, selama menggunakan kurir J&T, barang yang saya pesan atau saya kirim sampainya cukup cepat. Belum lagi pengantaran yang juga lebih cepat oleh kurir.

3. Ramah & Bersahabat

Kadang, karena ongkir ke tempat saya yang terpencil cukup jauh, saya sering memesan barang beralamat kantor J&T langsung yang dekat dengan tempat tinggal saya namun sudah berbeda kabupaten. Saya memang sering jalan-jalan keluar sekalian mengambil paket. Dan Alhamdulillah pihak dari J&T Express sangat ramah melayani pengambilan barang saya. J&T sama sekali tidak menolak dan justru dengan senang hati melayani. Jadi tidak perlu menjemput barang terlalu jauh hingga ke pusat. 

4. Packing Rapi & Terjangkau

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun