Mohon tunggu...
Poetri MoetiaraHernawan
Poetri MoetiaraHernawan Mohon Tunggu... Guru - Kindergarten Teacher

Takdir Allah pasti baik.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pembelajaran HOTS dan STEAM untuk Anak Usia Dini

5 November 2021   14:24 Diperbarui: 5 November 2021   14:34 2291
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Anak Usia Dini adalah salah satu aspek dan tahapan perkembangan anak yang diekspresikan melalui pemikiran anak yang ditandai dengan meningkatnya kemampuan serta kreatifitas anak sesuai dengan tahap perkembangannya. 

Fenomena Abad 21 Sumber Daya Manusia (SDM) diharuskan berdaya kreatifitas tinggi untuk menghasilkan peserta didik yang berdaya kreatifitas tinggi. Maka kegiatan bermain dan  pembelajaran di Taman Kanak-Kanak harus lebih inovatif, dapat merangsang kreatifitas, kemandirian, percaya diri pada anak usia dini.

Pembelajaran HOTS sangat tepat untuk anak usia dini karena peserta didik dilatih berifikir tingkat tinggi dimana pada abad 21 pembelajaran HOTS memiliki 4 keterampilan :

  • Berpikir kritis dan penyelesaian masalah (Critical Thinking & Problem Solving)
  • Kreatifitas dan inovasi ( Creatifity & Inovation )
  • Kolaborasi (Collaboration)
  • Komunikasi (Communication)

Di dalam HOTS anak diajak untuk menganalisis (memecahkan masalah), mengevaluasi, mengkreasi, mencipta. Sudah saatnya kita sebgaai pendidik menghasilkan anak-anak yang kreatif dengan didukun kegiatan pembelajaran di kelas yang menarik serta berbasis HOTS.

Pembelajaran STEAM? Merupakan pembelajaran yang berbasis sains, teknologi, engineering, art and matemathic. Sains sebagai Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Teknologi sebagai ilmu teknologi, Engineering sebagai ilmu teknik, Art sebagai ilmu seni.

Tujuan pembelajaran STEAM dapat mengasah tingkat literasi STEAM pada peserta didik, menjadi tujuan yang dapat dicapai oleh peserta didik. Di dalam STEAM mencakup semua aspek perkembangan yaitu Nilai Agama dan Moral, Fisik Motorik, Sosial Emosional, Bahasa, Kognitif, dan Seni.

Definisi literasi STEAM :

Sains : Kemampuan dalam mengidentifikasi informasi ilmiah dan merumuskan masalah.

Teknologi : keterampilan menggunakan tenknologi

Engineering : kemampuan mengembangkan teknologi lebih kreatif dan inofativ

Art : kemampuan komunikasi, seni dan presentasi

Matematika : menyampaikan gagasan dan menjelaskan masalah secara matematik

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun