Mohon tunggu...
Pocut Ghina Shabira
Pocut Ghina Shabira Mohon Tunggu... Mahasiswi

Traveler. Blogger. Bollywood Lover.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Mengenal Lebih Dekat Ikon Negeri "Bollywood"

17 Oktober 2018   09:51 Diperbarui: 17 Oktober 2018   16:41 0 1 0 Mohon Tunggu...
Mengenal Lebih Dekat Ikon Negeri "Bollywood"
Taj Mahal

Berbicara tentang India, yang terlintas dibenak masyarakat pertama kali yaitu Taj Mahal. Ya, negara yang terkenal dengan perindustrian film Bollywood ini memang memiliki sebuah ikon negara yang sangat indah. Bangunan ini merupakan obyek wisata favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke India. 

Terletak di kota Agra, bangunan ini dibangun atas keinginan dari Kaisar Mughal Shah Jahan sebagai bukti cintanya kepada sang istri, Arjumand Banu Begum (atau lebih dikenal dengan Mumtaz Mahal), yang meninggal dunia ketika melahirkan putri ke-14 mereka, Gauhara Begum. Arjumand merupakan istri ketiga sekaligus istri yang sangat dicintai oleh Kaisar Mughal. 

Taj Mahal dibangun di atas lahan seluas 22,4 hektar. Butuh waktu 22 tahun untuk menyelesaikan bangunan ini. Setelah selesai, pada tahun 1983 UNESCO menjadikan Taj Mahal menjadi salah satu situs warisan dunia. Pada tahun 2007, bangunan ini menjadi salah satu dari daftar 7 keajaiban dunia terbaru.

Pesona yang dimiliki oleh Taj Mahal membuat siapapun yang berkunjung ke tempat ini merasa takjub. Keindahan menara, kubah, dan bumbung yang terbuat dari marmer putih ini menjadi daya tarik tersendiri. 

Terdapat kira-kira sebanyak 43 jenis batu, diantaranya permata, termasuk berlian, jed, kristal, topaz dan nilam di gunakan untuk membuat bangunan semakin mengagumkan.

Di dalam Taj Mahal tidak hanya terdapat makam Mumtaz Mahal, namun terdapat juga makam Kaisar Mughal di sebelahnya.

Pada tahun 2017, pengadilan di India memutuskan bahwa Taj Mahal merupakan mausoleum Muslim, bukan kuil Hindu.

Bagi para wisatawan terutama wisatawan asing yang ingin berkunjung ke tempat ini, kmau harus merogoh kocek sebesar 1.000 rupee atau setara dengan Rp200.000 per kepala. Sementara untuk wisatawan lokal harus merogoh kocek sebesar 40 rupee atau setara Rp8.500. 

Namun baru-baru ini, lembaga yang mengatur operasional Taj Mahal yakni Archeological Survey of India, telah membatasi kuota pengunjung lokal India yaitu hanya sebanyak 40.000 orang saja per harinya. Sementara untuk pengunjung mancanegara tidak dibatasi.

Untuk kamu para traveler yang ingin berwisata sejarah sekaligus wisata religi, Taj Mahal mungkin bisa masuk ke dalam list holiday kamu selanjutnya. Sebuah kebanggaan tersendiri bila kamu dapat berkunjung ke lokasi salah satu dari 7 Keajaiban Dunia ini.