Mohon tunggu...
Pocut Ghina Shabira
Pocut Ghina Shabira Mohon Tunggu... Mahasiswi

Traveler. Blogger. Bollywood Lover.

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Pulau Banyak: Pesona Indonesia Kelas Dunia

26 September 2018   13:29 Diperbarui: 7 Februari 2019   14:52 473 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pulau Banyak: Pesona Indonesia Kelas Dunia
Sumber: Google

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Tak heran bila pesona alamnya sangat diagung-agungkan oleh rakyatnya. Para turis mancanegara hampir selalu memasukkan Indonesia dalam wishlist tujuan wisatanya saat liburan.

Kali ini kita akan membahas pesona alam dari provinsi paling barat Indonesia, yakni Provinsi Aceh, tepatnya di Kabupaten Aceh Singkil. Di sana terdapat satu kepulauan bernama Kepulauan Banyak.

Kepulauan Banyak terdiri dari 63 buah pulau besar dan kecil. Pulau terbesarnya adalah Pulau Tuangku disusul Pulau Bangkaru, Pulau Ujung Batu dan Pulau Palambak Besar. Selain itu juga terdapat Pulau Balai, Pulau Baguk, Pulau Palambak Kecil, Pulau Sikandang dan lain-lain.

Pulau Banyak dibagi dalam dua kecamatan yaitu:

1. Kecamatan Pulau Banyak, terdiri dari 3 desa yaitu desa Pulau Balai, Pulau Baguk dan Teluk Nibung.

2. Kecamatan Pulau Banyak Barat, terdiri dari 4 desa yaitu desa Haloban, Asantola, Ujung Sialit dan Suka Makmur.

Pulau Banyak mulai terkenal sejak diadakannya kegiatan pelestarian penyu, tepatnya di Pulau Bangkaru. Para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut turut serta mempromosikan dan mengembakan wisata alam yang ada di Pulau Banyak. 

Jalan Menuju Ke Pulau Banyak

Akses menuju pulau banyak dapat melalui Kota Medan maupun Kota Banda Aceh. 

Bila dari Kota Medan menempuh waktu perjalanan lebih kurang 8 jam menuju ke Singkil. Transportasi yang dapat digunakan yakni mobil Travel dengan kisaran harga 120.000-140.000, dan bila ingin menyewa untuk rombongan mendapat kisaran harga sekitar 700.000-800.000.

Bila ingin melakukan perjalanan dari Kota Banda Aceh dapat menggunakan mobil Travel L300 dengan memesan tiket di Terminal Batoh dan Terminal Minibus L300 di sekitar Kota Banda Aceh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x