Mohon tunggu...
Nursakinah
Nursakinah Mohon Tunggu... PMM Kelompok 21 Gelombang 9

Selamat datang di blog PMM Kelompok 21 Gelombang 9, Tulisan ini merupakan salah satu prgogram edukasi kami dari mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

PMM UMM 21 Mengangkat Tema Parenting pada Psikoedukasi Online

24 Oktober 2020   18:00 Diperbarui: 24 Oktober 2020   18:04 7 0 0 Mohon Tunggu...

PMM UMM 21 telah melaksanakan podcast dan psikoedukasi dengan tema terakhir yaitu Parenting atau pentingnya menjaga komunikasi anak kepada orang tua. Permasalahan ini sering terjadi kepada anak muda karena kurangnya kedekatan mereka dengan orang tua ataupun kurangnya menjaga komunikasi kepada orang tua sehingga menyebabkan gap yang besar atau dinding pembatas dari anak ke orang tua. Sehingga ini menyababkan anak kurang berani menyampaikan pendapat ataupun hanya sekedar bertanya. Nah di dalam podcast kami ini kami mengundang bintang tamu untuk melakukan sharing terkait bagaimana pola komunikasi yang ia lakukan dengan orang tuanya. Disini kami juga menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sudah di tanyakan di kolom komentar instagram kami yakni @pmmummbalikpapan.

Masih banyak anak muda yang bingung atau canggung jika ingin bertanya atau meminta tolong kepada orang tua karena adanya gap ini. Di dalam podcast kami ini bintang tamu menjelesakan bagaimana cara berinteraksi ia dengan orang tuanya dimana bintang tamu menjelaskan jika ia bisa dibilang cukup dekat dengan orang tuanya sehingga ia masih bisa bercerita atau menjelaskan sesuatu ke orang tuanya, tetapi meskipun begitu tidak semua hal bisa ia ceritakan atau meminta tolong kepada orang tuanya karena menurutnya ada masalah pribadi yang tidak perlu di beri tahu atau di tanyakan kepada orang tua.

Ada juga tipikal anak yang bisa sangat dekat dengan orang tuanya seperti teman atau kakanya sendiri, biasanya tipikal anak yang bisa dekat dengan orang tua tanpa ada batasan karena anak sudah di didik untuk selalu berkomunikasi dengan orang tuanya dari kecil seperti teman bukan seperti ke orang tua tetapi tetap menjaga etika. Memang yang menjadi problem ini yaitu cara pola asuh yang berbeda-beda dari setiap pola asuh seperti, ada yang menekan atau selalu memerintah anak dan tidak diberi kebebasan (otoriter), lalu ada juga yang membiarkan dan tidak memperdulikan anak mau memilih apa  (permisiv), lalu ada juga yang ke 3 pola asuh demokrasi yaitu dimana orang tua masih memberikan kebebasan kepada anak tapi orang tua masih memegang anak agar tidak keluar jalur.

Dan di umur remaja pasti sudah ada yang akan mempersiapkan pernikahan jadi pentingnya ilmu parenting kepada anak ini untuk bisa di pelajari terlebih dahulu agar nantinya saat sudah mempunyai anak orang tua tidak salah dalam mendidik anak dan selalu menjaga komunikasinya kepada anaknya. Karena jika dari kecil pola komunikasi ini tidak di jaga maka itu akan mempengaruhi anak juga, jadi ini sedikit tips bagi calon  orang tua baru.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x