Mohon tunggu...
PMM UMM 46 NGENEP
PMM UMM 46 NGENEP Mohon Tunggu... Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 46 Gelombang 6 di Desa Ngenep, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Wisata Religi Desa Ngenep "Sumber Nyolo" yang Tersembunyi

25 Juni 2021   15:05 Diperbarui: 25 Juni 2021   15:18 83 2 0 Mohon Tunggu...

Wisata religi yang bernama Sumber Nyolo adalah wisata yang berdiri sejak tahun 1985 dan disahkan 29 Agustus 2020 oleh bapak Suwardi selaku kepala desa Ngenep saat ini. Wisata ini terletak di dusun Mojosari desa Ngenep Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang.

Nama sumber Nyolo berasal dari kata nyolong yang bermakna mencuri. Jadi, warga setempat memang “mencuri” air dari sumber tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

Sumber Nyolo merupakan sumber air yang dikelola oleh masyarakat setempat untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Selain jadi sumber kehidupan bagi masyarakat sekitar, sumber yang ada pemandiannya ini juga menjadi jujugan masyarakat umum dari luar wilayah Ngenep. Ada yang datang karena tujuan wisata, penelusuran sejarah hingga ‘ngalap berkah’.

Sekilas, Sumber Nyolo tak berbeda jauh dengan kolam berendam biasa. Bahkan terkesan sederhana. Namun, tempat ini menjadi menarik karena ada tabu dan mitos yang berkembang di masyarakat setempat. Hal inilah yang menjadikan pengunjung penasaran. Konon, kolam air di sumber ini bisa membuat awet muda.

Di Sumber Nyolo, pengunjung dapat menikmati sejuknya pepohonan yang ada disekitar Sumber Nyolo. “Disini tempatnya sangat sejuk sangat cocok untuk liburan untuk keluarga” ujar Mas Aswin salah satu pengunjung sumber nyolo.

Wisata ini mempunyai daya tarik tersendiri karena di Sumber Nyolo terdapat kolam air dengan aneka ikan didalamnya. Pengunjung dapat melihat secara langsung tanpa dipungut biaya tentunya.

Di samping kolam air dengan ikan, di Sumber Nyolo pun tersedia kolam air yang dapat digunakan untuk berenang oleh pengunjung. Dikolam renang Sumber Nyolo, airnya sangat dingin serta ditambah suasana sejuknya pepohonan membuat tempat ini sangat cocok untuk pengunjung melepaskan penatnya.

Untuk masuk wisata sumber nyolo ini pun tergolong sangat murah. Disini untuk masuk wisata Sumber Nyolo hanya dikenakan tarif parkir nya saja hanya sebesar Rp. 5.000 rupiah. Disini juga banyak orang yang menjual berbagai makanan dan minuman, pengunjungpun tidak perlu repot-repot untuk membeli makanan dari rumah karena harga makanan disini tergolong sangat murah.

Untuk pembangunan Wisata Sumber Nyolo saat ini masih dalam proses tahap pengembangan. Diharapkan kepada masyarakat dan pemerintah setempat untuk membantu dan melestarikan Sumber Nyolo agar wisata ini dapat lebih baik lagi agar dapat membantu ekonomi dan mengangkat nama Desa Ngenep menjadi salah satu desa destinasi wisata di Karangploso.

VIDEO PILIHAN