Mohon tunggu...
Eis SofinaAdelia
Eis SofinaAdelia Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Farmasi Universitas Muhamaddiyah Malang

saya adalah mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di salah satu universitas di kota Malang. saya adalah seorang yang kritis dalam menghadapi suatu situasi apapun, bijaksana, loyal dan humoris.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Menciptakan Budaya Cuci Tangan di Lingkungan Murid-murid SDN Sumber Karang

29 September 2022   19:23 Diperbarui: 29 September 2022   19:26 75 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kami mahasiswa universitas Muhammadiyah malang melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) dari Universitas Muhammaddiyah Malang, Gelombang 8 Kelompok 33 yang dibimbing oleh Ns. Muhammad Ari Arfianto, M. Kep., Sp.Kep.J. bertujuan untuk mengajak siswa kelas 4 SDN Sumberkarang di Mojokerto untuk membiasakan cuci tangan menggunakan sabun sebelum dan setelah melakukan aktiftas. 

Membangun kebiasaan cuci tangan ini sangat penting bagi kesehatan anak - anak, karena kurangnya kepekaan terhadap sanitasi atau kebersihan diri sendiri saat di sekolah sehingga dapat memicu adanya kuman atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh karena tidak mencuci tangan sebelum makan atau setelah menyentuh sesuatu. Hal yang kami lakukan ialah memberikan materi tentang alasan mengapa harus mencuci tangan, cara mencuci tangan dengan baik terkait step atau tata caranya. Setelah itu murid - murid diajak mempraktikkan cuci tangan secara satu persatu agar tiap murid paham dan bisa menerapkan materi yang sampaikan. 

Saat seluruh muird sudah selesai praktik bergantian, merka kembali masuk ke dalam ke dalam kelas untuk dilakukan tebak tebakan dengan mahasiswa PMM, untuk murid yang bisa menjawab atau berani bertanya akan diberi hadiah berupa snack agar mereka merasa senang. Pada akhirnya seluruh murid tetap mendapat snack tetapi lebih banyak snack anak - anak yang aktif karena mereka mendapatkan reward. Sebagai kenang - kenangan dan agar bisa terus menjaga kebiasaan baik murid - murid SDN Sumberkarang melakukan cuci tangan dengan sabun, kaim sediakan sabun cuci tangan pada masing - masing wastafel yang ada disana. Diharapkan kebiasaan cuci tangan menggunakan sabun sebelum dan sesudah melakukan aktifitas agar terhindar dari bakteri atau kuman. 

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan