Mohon tunggu...
Riyan Andani
Riyan Andani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

PMM Bhaktiku Negeri Gelombang 7 Kelompok 30

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Literasi Tentang Anti Bullying dan Pentingnya Sikap Toleransi pada Anak Usia Dini di Lembaga Kesejahteraan Sosial Panti Asuhan Amanah Bunda 2

24 September 2022   00:05 Diperbarui: 24 September 2022   16:27 89 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bullying merupakan masalah yang serius bagi anak-anak, karena bullying dapat memberikan efek negatif bagi anak yang menjadi korban bullying seperti rendahnya harga diri, kecemasan yang berlebihan dan depresi. Pada usia dini menjadi salah satu periode yang mendasar dalam mencegah dan menghentikan bullying.

Tim Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa PMM Universitas Muhammadiyah Malang gelombang 7 kelompok 30 yang beranggotakan 5 orang yaitu, Fia Angelia, Hajrah Nabila, Riyan Andani, Rafli Akbar, dan Pradiva Yunanda melakukan kegiatan psikoedukasi terkait bullying kepada anak-anak Panti Asuhan Amanah Bunda 2 yang berlokasi di Jl. Haruwi Rt. 20. Rw. 05, Ngambon, Girimoyo, Kec. Karang Ploso, Malang, Jawa Timur.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Jumat, 2 September 2022 secara luring/langsung di Panti Asuhan Amanah Bunda Malang. Program PMM ini didampingi oleh Ibu Susanti Prasetyaningrum, S.Psi., M. Psi, selaku Dosen Pembimbing Lapang (DPL) kelompok 30.

Kegiatan psikoedukasi terkait bullying ini ditujukan sebagai program pencegahan bullying pada anak usia dini dan mengetahui apa yang dimaksud dengan tindakan bullying dan jenis--jenis perbuatan yang termasuk dalam tindakan itu. Program ini merupakan salah satu kegiatan yang mendukung program utama dari PMM kelompok 30 yaitu Literasi Tentang Anti Bullying dan Pentingnya Sikap Toleransi Pada Anak Usia Dini.

Perilaku bullying dibagi menjadi beberapa jenis, seperti verbal dan non verbal. Bullying non verbal berdampak pada ancaman pelaku hingga kekerasan fisik. Sedangkan bullying verbal menggunakan kata-kata kasar sampai menyebarkan aib korban ke orang lain.Bullying berdampak pada kesehatan mental terutama pada anak-anak dan remaja. Pelaku yang melakukan pembullyan bisa memberi pengaruh buruk pada kesehatan fisik dan mental korbannya. Dampak paling fatal dari kasus bullying adalah tindakan bunuh diri yang dilakukan oleh korban.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan