Mohon tunggu...
Vita AmaliaHerlinda
Vita AmaliaHerlinda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang

Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang jurusan Teknik Informatika angkatan 2020.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

PMM 82 Melakukan Edukasi Pentingnya Belajar Digitalisasi Sejak Dini

2 Oktober 2022   23:05 Diperbarui: 3 Oktober 2022   22:52 136 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. Mengenalkan perangkat komputer

Pengabdian kepada Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) dengan tema Bhaktimu Negeri kelompok 82 gelombang 7. Kelompok ini memiliki 5 anggota mahasiswa antara lain Mochammad Daffa Rizky Aqilah, Ungga Putra Mahendra, Hendra Nur Pranata, Vita Amalia Herlinda, Arolina Rinardi dibimbing oleh Bapak Faris Rizal Andardi, ST., MT. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 5 September 2022 di lokasi SDN Temas 01 Batu, Jl. Patimura No.23, Kel.Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Kegiatan ini kelompok 82 sampaikan pada siswa seluruh kelas 4, 5, dan 6 di sekolah dasar tersebut.

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya bermedia digital sejak dini, mencangkup pengenalan penggunaan teknologi digital, mengenalkan hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat beraktivitas di ruang digital, sembari memperkenalkan juga nilai, norma, dan etika dalam bermedia digital. Penyampaian kegiatan kelompok ini dalam bentuk power point dengan animasi - animasi yang menarik sehingga siswa tidak mudah bosan. Penyampaian ini dilakukan berupa penjelasan yang menjelaskan tentang pengertian, fungsi, contoh, dan cara kerja pada digitalisasi yang telah dicontohkan. Kelompok ini juga mengajak para siswa memperagakan atau menerapkan digitalisasi yang telah dicontohkan. 

Bentuk dari penerapan ini adalah belajar menggunakan dan memperkenalkan laptop dengan mengetik menggunakan ms.word. Para siswa juga dikenalkan dengan smartphone, penyampaian ini bertujuan agar mampu menyaring informasi - informasi yang didapat karena arus informasi tersebut dapat mempengaruhi pola pikirnya. Mereka ketahui bahwa kemampuan seseorang untuk mengelola dan menganalisis informasi juga dipengaruhi oleh pendidikan karakter dalam diri seseorang. Kelompok ini mengharapkan untuk para siswa kedepannya akan memiliki kecerdasan, etika, dan kebijaksanaan dalam penggunaan teknologi digital untuk pengembangan diri, relasi, bahkan pengembangan masyarakat dalam lingkup nasional maupun internasional.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan