Mohon tunggu...
PMM SUKOMULYO BATU
PMM SUKOMULYO BATU Mohon Tunggu... Mahasiswa - PMM UMM kelompok 60 gelombang 16

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa PMM UMM Tumbuhkan Semangat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Kreatif

3 Desember 2021   20:59 Diperbarui: 6 Desember 2021   19:05 65 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sukomulyo, Jumat  (3/12/2021) PMM UMM Kelompok 60 melaksanakan kegiatan mengajar menggunakan media pembelajaran kreatif di SD Negeri 2 Sukomulyo. Ada sekitar 20 siswa perkelas dengan 6 guru dan kepala sekolah sedangkan dilihat dari tenaga pengajarnya untuk 6 kelas kurang optimal untuk proses pembelajaran. Waktu belajar disaat Pandemi Covid-19 mulai hari senin sampai sabtu pukul 07.30-10.30 

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi

Maka dari itu Mahasiswa PMM UMM melaksanakan program kerjanya melalui proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran kreatif, yang bertujuan untuk memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran serta dapat menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar. Selain itu agar pembelajaran tidak monoton dapat dikombinasikan dengan melakukan apersepsi berupa ice breaking,  misalnya permainan tebak nama hewan dengan diberikan petunjuk ciri-ciri hewan tersebut oleh salah satu siswa.

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi

Media pembelajaran yang digunakan yaitu POLITIK (Monopoli Tematik) cara penggunaannya siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kemudian salah satu perwakilan dari kelompok melemparkan dadu sesuai angka yang didapat dalam media ini terdapat bank soal dan hukuman. Sedangkan untuk media pembelajaran Pohon Pintar terdiri dari 10 buah apel, setiap buah terdapat nomor yang berisikan soal yang harus dijawab.

Pada akhir kegiatan bersama-sama memberikan kesimpulan terkait materi yang sudah dipelajari diadakan refleksi, siswa ditanya bagaimana perasaan mereka setelah melaksanakan kegiatan belajar hari ini. Refleksi meliputi penyampaian manfaat belajar, kesan dan pesan pembelajaran, serta pemberian saran dan kesimpulan untuk mengukur seberapa jauh pemahaman mereka, dengan adanya kegiatan refleksi dan kesimpulan sebelum mengakhiri pembelajaran siswa diminta untuk berdoa terlebih dahulu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan