Mohon tunggu...
plur retknow
plur retknow Mohon Tunggu... menulis dengan hati

Cogito ergo sum (aku berfikir aku ada) / Rene Descrates

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Kulineran di Blitar: Lezat, Legendaris, Murah

3 Desember 2019   11:50 Diperbarui: 3 Desember 2019   11:47 0 2 0 Mohon Tunggu...
Kulineran di Blitar: Lezat, Legendaris, Murah
Dok. pribadi

Mengunjungi kota proklamator, kita akan disambut dengan berbagai ciri khasnya. Blitar. Selain kota legendaris dengan beberapa situs peninggalan masa lampau, serta kota tempat bersemayamnya tokoh nomor satu di Indonesia, Bung Karno, Blitar pun adalah salah satu penyumbang wisata kuliner klasik terbaik di Indonesia.

Masakan di kota patria ini memang bercitarasa perpaduan antara gurih dan manis. Ada kesan bahwa kuliner-kuliner di Blitar adalah kuliner perpaduan rasa Jawa Timur an dan Jawa Tengah an. Rasa yang gurih nikmat, membuat kuliner klasik di kota ini tetap dirindukan. Selain itu, harga makanan khas Blitar pun tidak menguras kantong. Mulai 10 ribu hingga 25 ribu saja rata-rata per porsi, kita bisa menyantap aneka makanan klasik nan lezat. Berikut ini adalah tempat makan di Blitar yang menyediakan makanan khas bernuasnsa klasik, otentik, dan sederhana.

1. Warung Mak Ti

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Warung makan yang terletak di Blitar selatan ini menyajikan aneka hidangan ikan sungai dengan olahan kering dan basah. Ada gulai ikan, ikan wader goreng, ikan santan pedas, serta aneka lauk lainnya. Kita bisa menemukan lauk tambahan seperti urap-urap (Sayuran dengan bumbu kelapa parut berempah), tumis daun pepaya, sayur lodeh khas Blitar, serta sambal dan lalapan. Semua makanan di warung yang terletak jauh dari keramaian kota tepatnya barat bendungan Wlingi Raya ini menyajikan menu-menunya secara prasmanan/ buffet. Pengunjung bisa leluasa memilih sendiri makanan yang mereka inginkan. Satu porsinya murah, hanya 10 ribu rupiah saja. Hanya minuman yang dibandrol harga sesuai varian. Makan sepuasnya, harga kaki lima, rasa luar biasa? Disini tempatnya.

2. Warung Soto Bok Ireng

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Tempat makan yang satu ini ada di kawasan alun-alun kota Blitar. Letaknya strategis di tengah kota, tetapi masih mengusung gaya otentik, yaitu warung dengan meja kursi kayu yang sederhana berpintu rangkaian kayu jati sederhana. Warung kecil ini menyediakan menu andalan, yaitu soto khas Blitar. Soto jeroan dan daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah dan santan dengan kuah kuning kecoklatan karena perpaduan kuah santan dan kecap ini bercitarasa gurih nan lezat. Gaya penyajian dengan mangkuk kecil membuat penggemar makanan yang satu ini akan menghabiskan lebih dari satu porsi.

Penjual soto juga masih melestarikan keaslian penempatan kuah soto pada wadah berbahan tanah liat atau disebut kuali tanah. Penjualnya duduk manis di depan gerobak soto, lalu meracik soto langsung disitu sesuai pesanan pembeli. Kita harus rela mengantri tempat duduk, jika pembeli sudah melebihi tempat yang disediakan. Jangan berharap juga akan bisa dibungkus untuk dimakan di rumah, karena penjual kadang tidak mau melayani. Artinya kita sebaiknya makan di tempat. Rupanya program go green berlaku juga di warung sederhana ini. Harga seporsi soto 10 ribu rupiah. Kita bisa menambah lauk lagi, perkedel misalnya  dengan harga 2000 sampai 3000 rupiah saja. Murah bukan? Jangan khawatir rasa soto disini benar-benar memanjakan lidah kita. 

3. Nasi Pecel Mbok Bari dan Pecel Tumpang Pasar Kembang

Dok. pribadi
Dok. pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN