Mohon tunggu...
David Olin
David Olin Mohon Tunggu... Pustakawan - Belum terlambat aku mencintai-Mu

Setiap kali menatap mentari, bulan selalu mendapat cahaya baru (IG: @david.usolin.sdb) Note: Semua tulisan dalam platform ini dibuat atas nama pribadi.

Selanjutnya

Tutup

Trip

Pura Ulun Beratan dan MF Sange: Negeri di Atas Awan yang Sebenarnya

11 Juli 2022   15:22 Diperbarui: 11 Juli 2022   16:17 96 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selain terkenal dengan cerita di balik uang 50 ribu rupiah, pura ini terletak di danau eks gunung vulkanik. Banyak spot foto yang disediakan bagi yang haus postingan. 

Wisatawan memadati spot utama: sudut yang sama dengan mata uang 50.000. Setelah puas mata, perut yang kosong diisi dengan layanan "All you can eat", satu paket dengan layanan pariwisata yang dipesan. 

Jumlah "punden" pada atap pura yang lebih tinggi berjumlah 11. Konon, jumlah atapnya selalu ganjil. Hati pun akan dipuaskan bila sejenak mengambil jarak dari gambar diri yang terekspos. "Kekejaman medsos", kata seorang teman, "adalah kegelisahan tiada henti terhadap respon orang lain". Aku ada di mana-mana.

Jarak itu sepanjang satu tarikan nafas, mengisi ruang jiwa dengan nafas alam di kaki bukit berkabut dan danaunya. 

Hutan Monyet Sange (Monkey Forest) terkena pukulan lebih keras akibat pandemi. Letaknya yang "pinggiran" menjadikannya surga bagi para penyuka tantangan, tetapi neraka bagi yang cepat mual.

Monyet cenderung penurut pada para pawang sekaligus pengambil foto. Selain itu, hutan pohon pala mengingatkan kita pada 4 abad ke belakang, ketika bumi masih perawan dan bebas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan