Mohon tunggu...
Pandji Kiansantang
Pandji Kiansantang Mohon Tunggu... Penulis - "Bahagia Membahagiakan Sesama"

Menulis itu Membahagiakan

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Personal Milestone in My Writing Career

11 Agustus 2022   04:48 Diperbarui: 11 Agustus 2022   04:52 182
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagiku menulis itu passion, talenta dan hobi.

Termotivasi dari peribahasa Latin "Verba valens Scripta manen" (apa yang terucap akan hilang, apa yang tertulis akan abadi) mendorongku untuk menjadikan karya-karya tulisanku, dalam bentuk Buku maupun Artikel di media sosial sebagai "legacy" ("warisan" pemikiranku).

Saya sungguh bersyukur dikaruniai kemampuan bicara di depan umum (public speaking) dan menulis (writing) hampir sama baiknya. Menjadi "Inspirator" sebagai "Speaker" dan "Writer" itulah panggilan hidupku.

Pada setiap pengantar postingan tulisan terbaruku di Kompasiana, saya menuliskan kata pengantar " Silakan membaca Tulisan terbaruku. Semoga bermanfaat " . Beberapa bulan terakhir, sedapat mungkin kusertakan "lampiran" Video Inspirasi yang kuupload di Youtube, sehingga kata pengantarnya kini menjadi : Silakan membaca Tulisan terbaruku dan Video Inspirasiku. Semoga bermanfaat "

Memang itulah harapanku, semoga pembaca dapat mengambil manfaat dari tulisanku : semoga dapat menginspirasi mereka. Ini sesuai misi hidupku untuk menjadi "Penebar Manfaat" dan motto hidupku "Bahagia Membahagiakan Sesama".

Saya mulai menulis di Kompasiana sekitar 3 tahun lalu. Tujuannya untuk "membiasakan" menulis. Ternyata harapan tinggal harapan. Beberapa kali saya mengalami "writer's block" sehingga sempat vakum untuk beberapa lama.

Alhamdulillah dalam setahun belakangan ini keadaan berubah. Pandemi mendorong saya untuk menjadi Traveler. Selama 5 bulan pada tahun lalu (Juli - November 2021) saya traveling sendirian (solo traveler) di Bali pada "puncak" masa pandemi. Saya mulai rutin menulis di Kompasiana. Ternyata passionku dalam Traveling dan Menulis sejalan.

Momentumnya pada Traveling pada masa pascapandemi tahun ini. Dalam sebulan ini saya sudah 2 X ke Bali. Yang sekarang ini diawali dengan 10 hari Traveling di Surabaya. Berangkat jelang Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1444 Hijriah pada Jumat, 29 Juli 2022 saya menyebutnya "Safari Hijri". Sejak 2 minggu lalu di Suroboyo yang kujuluki "Kota Semangat" saya tiap hari mulai rutin membuat "Video Inspirasi" (wujud passionku sebagai "Vlogger") dan memposting tulisan di Kompasiana. Hal baik ini berlanjut saat melanjutkan Solo Traveler di Bali yang sekarang menginjak hari kelima sejak Ahad, 7 Agustus 2022.

Hari ini, 10 Agustus 2022 ternyata saya sudah memposting 250 Tulisan di Kompasiana. Kebetulan judul artikelku ke-250 itu adalah semacam retrospeksi hidupku "Perjalanan Hidupku : Jalani, Syukuri, Nikmati".

Bagiku yang memiliki passion menulis, ini "prestasi pribadi" (personal  accomplishment) yang patut disyukuri dan "dirayakan". Alhamdulillah. Terima kasih Kompasiana dan Kompasianer.

*Pandji Kiansantang, H4 Bali, Rabu 10 Agustus 2022 jam 5 pagi WITA

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun