Mohon tunggu...
Pandji Kiansantang
Pandji Kiansantang Mohon Tunggu... Penulis - "Bahagia Membahagiakan Sesama"

Menulis itu Membahagiakan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

9 Keunikan Bulan ke-9: September

2 September 2020   07:29 Diperbarui: 2 September 2020   07:17 634 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

1. Artinya "Tujuh" tapi dinamakan untuk bulan ke-9. Berasal dari kata Latin "Septem" yang dijadikan bulan ke-7 dalam penanggalan Romawi tertua (Kalender Romulus). 

2. Awal Musim gugur (Autumn) di belahan bumi utara (northern hemisphere) dan awal musim Semi (spring) di belahan bumi selatan (southern hemisphere). 

3. Awal musim hujan di Nusantara yang mengakhiri puncak musim kemarau.  Dulu ini berlaku sebelum iklim dikacaukan oleh "pemanasan global" (global warming). Musim ini hujan sangat dinantikan oleh  "pluviophile" (pemuja hujan)  

4. Awal bulan-bulan berakhiran" -ber"... September, Oktober, November &  Desember. 

5. Dimulainya Kwartal (empat bulanan) ketiga (terakhir). 

6. Mengingatkan liburan akhir tahun sudah dekat : natal & tahun baru... rindu liburan   

7. Judul lagu populer  : September menjadi bulan yg paling populer sebagai judul lagu. Yang paling terkenal : "September" oleh Earth,  Wind & Fire (1979)  untuk lagu Barat dan "September Ceria" oleh Vina Panduwinata (1982) untuk lagu Indonesia 

8. Banyak hari-hari peringatan yang berkaitan dengan makanan (kuliner) sepanjang bulan September. Ini daftarnya dari www.yearsoftheyear.com : Tofu Day (1 Sep), world Samosa day (5 Sep), International Chocolate day & Fortune cookie day (13 Sep), Cheeseburger day (18 Sep) & International Cofee day (29 September).

 9. Lembaran hitam dalam sejarah pada bulan September : Perang Dunia Kedua (dimulai 1 September 1939, berakhir 2 September 1945),  peristiwa "Black September"  (penyanderaan dan pembunuhan atlet-atlet Olympiade di Munich) pada 5 September 1972,  Peristiwa "9/11" (serangan 11 September 2001 di AS)  dan Peristiwa G30S/PKI 1965.

 September to remember... 

*Pandji Kiansantang, 2 September 2020

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan