Mohon tunggu...
Pandji Kiansantang
Pandji Kiansantang Mohon Tunggu...

Menulis itu "Bahagia Membahagiakan Sesama". www.PandjiKiansantang.com | www.Qirsa.com | www.Proklamasi1945.Com | Channel Youtube Pandji Kiansantang

Selanjutnya

Tutup

Film

Manfaat Nonton Film Horor

3 Desember 2018   04:50 Diperbarui: 3 Desember 2018   04:50 0 0 0 Mohon Tunggu...
Manfaat Nonton Film Horor
20181202-232255-5c044a34ab12ae4db10e5e52.png

*Pandji Kiansantang

"Sesuatu yang menimbulkan perasaan ngeri atau takut yang amat sangat"... demikian definisi kata "Horor" di Kamus Bahasa.
 
Ada yang sering bilang "Ngapain  nonton film horror... sudah bayar, ditakut-takutin lagi"... "Hidup saja sudah horor, buat apa nonton film horor?".... Tentu saja pendapat seperti itu sah-sah saja. Semua tergantung selera, yang tidak dapat dipaksakan.

Pasti ada daya tarik tersendiri dari film horor sehingga genre film ini termasuk yang paling banyak diproduksi di Indonesia. Film lokal seperti "Pengabdi Setan" dan "Suzzanna : Bernapas dalam Kubur" termasuk film nasional tahun 2018 yang box-office. Film Hollywood seperti "The Conjuring" memiliki fans tersendiri. Banyak juga film horror yang menjadi "cult movies" yang legendaris.

Berikut ada 3 manfaat nonton fim horor :
1. Melatih Keberanian. " Yang perlu ditakutkan adalah Ketakutan itu sendiri"... itulah kesimpulan dari begitu banyaknya jenis rasa takut (phobia) di kalangan manusia. Ada penikmat film horor yang meledek :  hanya orang-orang "penakut" yang tidak mau nonton film horor. Takut setan.. takut kaget...  takut terbayang-bayang... Nonton film horor itu memicu adrenalin mirip panjat tebing atau naik jetcoaster. Adegan "jumpscare", visual menyeramkan, musik mengagetkan merupakan latihan untuk meningkatkan nyali. Orang bijak mengatakan "Orang penakut itu mati berkali-kali dalam hidupnya". Jadi hadapilah ketakutanmu !

2. Mengembangkan "open minded"... ini khususnya berlaku bagi masyarakat modern di Barat yang mengagungkan logika. Film horor memperlihatkan bahwa tak semua hal di dunia ini dapat dinalar dengan akal. Ada hal-hal yang bersifat supranatural atau bisa disebut "faktor X". Kesadaran ini akan membuat manusia  lebih "tahu diri" dan waspada karena sadar ada makhluk- makhluk lain di dunia ini.

3. Meningkatkan Keimanan. Ada tuduhan bahwa film horor menggerus keimanan atau memperolok institusi agama. Tapi sesungguhnya "peran utama" film horor, yaitu Hantu  merupakan bagian dari keimanan pada yang ghaib. Ajaran agama menyediakan perlindungan dari Hantu, Setan, Iblis yang merupakan "musuh abadi" manusia. Konflik antara "kekuatan Tuhan" dan "kekuatan Hantu" merupakan plot yang banyak ada di film horor. Jadi seharusnya dengan nonton film horor, membuat kita lebih ingat pada Tuhan... Semoga.

*Minggu, 2 Desember 2018, setelah menonton film " Suzzanna : Bernapas dalam Kubur" di Arion XXI, Jakarta Timur


VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x