Mohon tunggu...
Saepiudin Syarif
Saepiudin Syarif Mohon Tunggu... Freelancer - Writer

Menulis dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Karyawan Betah Bekerja di Kantor, Loyalitas atau Profesionalitas?

20 November 2021   13:05 Diperbarui: 25 November 2021   04:15 1402
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi karyawan sedang rapat. (Sumber: UNSPLASH/LEO via Kompas.com)

Bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan artinya kita sebagai pekerja harus tunduk dan mentaati peraturan yang berlaku dan melakukan jobdesk sesuai dengan yang sudah disepakati bersama. Kesepakatan tersebut dituangkan dalam perjanjian atau kontrak kerja.

Perjanjian atau kontrak kerja yang harusnya menjadi acuan dalam hubungan kantor (perusahaan) dengan karyawannya. Masalahnya sering kali terjadi di individu/person yang menjalankan relasi tersebut. Baik person yang menjadi wakil perusahaan (manajemen) dengan para karyawan.

Sering kali terjadi gesekan atau ketidaknyamanan pekerja saat masih dihubungi, diminta mengurus pekerjaan di luar jam kantor bahkan di saat hari libur.

Seperti yang dialami oleh Markus, seorang Staf IT di sebuah perusahaan rumah produksi. Sering kali jadwal hari liburnya terganggu karena telepon bukan hanya dari bosnya tapi juga bagian lain yang langsung menghubunginya jika ada kendala.

Markus akan sigap melakukan tugasnya jika masih dalam jam kantor. Masalahnya orang produksi di lapangan punya jadwal syuting yang sering tidak jelas maka ketika mereka mengalami kendala di lapangan atau saat di kantor tapi di luar jam operasional normal, nine to five, seluruh kendala yang berkaitan dengan jaringan maka dialah yang akan dihubungi.

Jika kendalanya kecil, Markus bisa memberi instruksi melalui telepon, tapi tak jarang ia yang harus datang ke lokasi padahal dia sedang jalan-jalan atau nonton dengan pacar di mal.

Markus merasa serba salah. Sebagai pekerja ia ingin bekerja dengan baik, ia ingin loyal pada perusahaan, dan mengerjakan tugasnya secara profesional.

Lalu bagaimanakah loyalitas dan profesionalitas karyawan seharusnya di kantor?

Di kantor loyalitas atau profesionalitas? | Sumber gambar: Kolase olahan via dreamstime.com dan campaignasia.com
Di kantor loyalitas atau profesionalitas? | Sumber gambar: Kolase olahan via dreamstime.com dan campaignasia.com

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia arti loyalitas adalah kepatuhan; kesetiaan, sedangkan profesionalitas artinya perihal profesi; keprofesian atau kemampuan bertindak secara profesional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun