Mohon tunggu...
Saepiudin Syarif
Saepiudin Syarif Mohon Tunggu... Freelancer - Scriptwriter, Content Writer

Menulis dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Tak Ada Lagi Umrah Murah?

21 Oktober 2021   09:27 Diperbarui: 21 Oktober 2021   09:29 200 25 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Biaya umrah bisa naik dua kali lipat di masa pandemi | Foto: kompas.com

Hampir dua tahun masa pandemi Covid-19, ibadah umrah bagi umat Islam dari seluruh dunia dihentikan. Mekkah sebagai sentral pelaksanaan ibadah umrah dan haji ini sempat menjadi kawasan yang menyumbang jumlah korban Corona yang besar di Arab Saudi.

Tak terbayangkan sebelumnya Mekkah yang selalu ramai 24 jam, khususnya di sekitar kawasan Masjidil Haram berubah layaknya kota mati.

Mekkah dan Madinah, dua kota suci umat Islam menjadi dua tempat penting tempat ibadah dan wisata reliji paling ramai di muka bumi saat ini.

Sebelum pandemi hampir setiap bulan Arab Saudi kedatangan 2-3 juta jamaah dari seluruh penjuru dunia. Bisa dibayangkan berapa jumlah devisa yang dihasilkan dari akomodasi, transportasi, dan sebagainya. Apalagi jamaah umrah selalu memborong oleh-oleh dalam jumlah besar.

Tak heran jumlah pusat perbelajaan dari toko, pasar, hingga mal super mewah tersebar di sekitaran Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Ekonomi Arab Saudi melesat bahkan dibawah kepemimpinan Raja Salman dan calon penerusnya Pangeran Mohammed bin Salman.

Mereka melakukan reformasi di berbagai bidang dalam rangka program Saudi 2030 yang menjadikan pariwisata sebagai tulang punggung perekonomian negara menggantikan minyak bumi.

Indonesia setiap tahun mengirimkan sekitar 2 jutaan jamaah. Dengan paket mulai 7 hari hingga 14 hari dipastikan hampir setiap hari ada penerbangan dari Jakarta, Surabaya, Medan, Palembang, dan Makassar ke Arab Saudi melalui Jeddah dan Madinah, serta Riyadh jika sekalian untuk berbisnis atau berwisata ke ibu kota negara tersebut.

Umrah menjadi bisnis yang menggiurkan. Kantor dan perwakilan travel umrah tersebar hingga ke pelosok desa atau kecamatan. Bahkan ada program tabungan umrah, cicilan umrah, arisan umrah, umrah anak sekolah, dan lainnya.

Terlebih antrian ibadah haji yang makin panjang hingga belasan tahun. Umrah menjadi langkah alternatif ibadah ke Mekkah menunggu bisa hajian.

Kemudahan berangkat ke Mekkah dan demand yang tinggi membuat para pengusaha perjalanan kreatif membuat paket-paket. Hingga lahirlah istilah umrah murah di mana hanya dengan belasan juta sudah bisa menjalankan ibadah umrah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan