Mohon tunggu...
Saepiudin Syarif
Saepiudin Syarif Mohon Tunggu... Scriptwriter, Content Writer

Menulis, membaca, berpikir, menulis lagi.

Selanjutnya

Tutup

Film

Perang Sengit Nominasi Oscar 2020

15 Januari 2020   07:15 Diperbarui: 15 Januari 2020   07:13 19 1 1 Mohon Tunggu...

Nominasi Oscar 2020 sudah diumumkan kemarin. Joker mendapat paling banyak nominasi di sebelas kategori. Disusul kemudian oleh 1917 dan Once Upon A Time... In Hollywood yang sama-sama mendapat sepuluh nominasi.

Oscar tahun ini memiliki catatan tersendiri bagi perfilman Asia. Parasite, film asal Korea Selatan mendapat enam nominasi. Film ini pun unjuk gigi di kategori utama seperti Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Skenario Terbaik dan tentunya Film Berbahasa Asing Terbaik. Menang atau tidak, bisa dipastikan karir Bong Joon Ho akan melesat lebih jauh lagi.

Pertarungan sengit terlihat dari para nominee yang merupakan sutradara kelas berat dan film-film kelas berat pula. Ada Martin Scorsese dengan filmnya The Irishman, Sam Mendes dengan film 1917, yang dari  trailernya sedang banyak dibicarakan pada satu adegan panjang yang diambil dengan satu kali shot.

Nominee lainnya ada Quentine Tarantino dengan Once Upon A Time... In Hollywood yang membuat duet maut Leonardo DiCaprio dan Brad Pitt berakting luar biasa bagusnya. Dan tentu saja Todd Phillips yang menuai pujian dari penonton, media, dan kritikus untuk Joker, salah satu film yang sulit untuk dilupakan. 

Tidak hanya membuat film bagus, Todd Phillips sudah membuat fenomena. Film anti hero yang bisa menembus satu milyar dollar lebih, diperbincangkan dan dijadikan kajian di mana-mana.

Di kategori pemeran utama wanita pun nama-nama besar seperti Saoirse Ronan di Little Woman, Renee Zellweger di Judy, Charlize Theron di Bombshell, Cynthia Erivo di Harriet, Dan Scarlett Johansson di Marriage Story. Scarlett juga mendapat nominasi di pemeran pendukung wanita untuk Jojo Rabbit

Sedang nominee pemeran utama pria ada Leonardo DiCaprio di Once Upon A Time...In Hollywood, Antonio Banderas di  Pain and Glory, Adam Driver di Marriage Story, Jonathan Pryce di The Two Popes, dan tentu saja Joaquin Phoenix di Joker.

Siapa saja yang akan memboyong piala bergengsi di dunia perfilman tersebut? Acara puncak pengumuman pemenang Oscar 2020 akan dilangsungkan tanggal 9 Februari mendatang.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x