Mohon tunggu...
Pitutur
Pitutur Mohon Tunggu...

Mencoba BERMANFAAT dengan MENULIS. Mencoba menuliskan sebuah peristiwa dari sudut pandang yang berbeda.

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi Pilihan

Perlahan-lahan Membebaskan Lahan

7 April 2017   10:23 Diperbarui: 7 April 2017   10:40 469 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perlahan-lahan Membebaskan Lahan
Presiden Joko Widodo saat meninjau pembuatan jalan Trans Sumatera di Lampung. (foto: Arimbi Ramadhiani / Kompas)

Senang mendengarkan pembangunan ribuan kilometer jalan baru di Papua berjalan dengan lancar, demikian pula yang terjadi di Kalimantan sepanjang perbatasan. Negeri ini sedang memperbaiki kualitasnya agar bisa menjadi negeri yang maju. Pembangunan yang prosesnya di atas tanah tentu saja harus bersinggungan dengan pemilik tanah.

Bila pembangunan di Papua dan Kalimantan bisa berjalan lancar dengan cepat, beda dengan pembangunan yang terjadi di pulau Jawa. Hal yang sering terjadi adalah proses pembebasan lahan yang kurang lancar, tentu banyak sebab yang melatarbelakangi ketidaklancaran pembebasan lahan ini. Biasanya kepentingan pribadi / kelompok tertentu penyebabnya.

Pembangunan ratusan kilometer tol di Jawa Tengah sempat terhambat dalam pembebasan tanahnya, karena ada beberapa petak tanah yang pemiliknya cukup alot untuk ikhlas melepaskannya demi kepentingan jutaan orang lain. Tapi dengan kepiawaian Joko Widodo dalam berdiskusi, semua perlahan-lahan bisa diatasi. Kesadaran warga yang menjadi 'kunci' dalam terselesaikannya pembebasan lahan semakin tinggi, bila mereka dulunya ngotot tanahnya tidak boleh digunakan untuk fasilitas umum di negeri ini, akhirnya rela mengikhlaskannya, tentu dengan ganti untung oleh pihak yang diserahi pembangunan.

Perlahan-lahan tapi pasti, itu yang bisa saya lihat saat ini. Joko Widodo benar-benar niat dalam membangun negeri ini, terutama dengan pembangunan infrastruktur yang selama beberapa dekade bisa dibilang terlalu lambat, kini dia jawab dengan pembangunan yang merata.

Kita jangan diam saja! Bila pemerintah aktif melakukan pembangunan disana-sini, kita harus pro-aktif membantu suksesnya pembangunan. Banyak cara yang bisa kita lakukan, minimal cara paling sederhana adalah memberikan informasi yang benar (tidak meniup hoax) pada lingkungan kita. Jangan memperkeruh dengan meniupkan sentimen negatif yang bisa menghambat pembangunan.

Pembebasan lahan adalah adalah kunci lancarnya pembangunan infrastruktur, mari kita bantu pemerintah dengan mendukungnya, sehingga kelak kita bisa cerita ke generasi kita selanjutnya bahwa kita ikut membangun negeri ini dengan cara kita.

Biarkanlah jalan raya di negeri ini lebih bagus kualitasnya, biarkanlah bandara menjadi semakin luas dan bagus landasannya, biarkanlah kereta api semakin baik dan panjang jalurnya, biarkanlah pelabuhan semakin luas dermaganya, semua ini demi kepentingan rakyat Indonesia.

Mari semua rakyat Indonesia ikut membantu lancarnya pembebasan lahan untuk pembangunan di negeri ini, biar perlahan-lahan pembebasan lahan bisa terselesaikan. Bila bisa cepat selesai, tentu kita juga rakyat Indonesia yang akan semakin cepat menikmati fasilitas negeri ini.

Semoga PT Jasa Marga, PT Angkasa Pura, PT Kereta Api Indonesia dan PT Pelabuhan Indonesia dalam melayani negeri ini bisa didukung oleh partisipasi rakyat Indonesia yang tergerak hatinya dengan pro-aktif mensukseskan pembangunan negeri ini.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x