Mohon tunggu...
pitrang dewantara
pitrang dewantara Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya memiliki hobi bermain musik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Batik Jumputan Jadi Ikon Merdeka Belajar di SMP Negeri 2 Selopampang

6 Desember 2022   11:01 Diperbarui: 6 Desember 2022   11:15 152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Unjuk kreasi siswa hasil pembelajaran Kurikulum Merdeka dipadukan dengan Upacara Pengibaran Bendera HUT PGRI dan Hari Guru Nasional di SMP Negeri 2 Selopampang Temanggung, Jawa Tengah. Usai upacara dilanjutkan dengan Pembukaan Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Sabtu 26 November 2022. 

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema 2 Kearifan Lokal di SMP Negeri 2 Selopampang diwujudkan dalam pengembangan batik jumputan dengan pola spesifik daun kopi dan daun tembakau. 

Ketua Proyek P5 SMP Negeri 2 Selopampang Kusmanto menjelaskan, selain Batik Jumput, pelajar juga membuat Batik Lipat gaya bebas dan Batik Cap memanfaatkan dedaunan dari lingkungan sekitar, seperti daun sawo, daun ketela, daun mangga dan daun cemara. 

"Karya Batik Jumputan oleh siswa ini akan berkelanjutan pada tema berikutnya terkait pemberdayaan ekonominya sehingga Batik Jumputan ini akan diproduksi pada Gelar Karya P5 berikutnya", tandas Kusmanto.

Pembukaan Gelar Karya P5 dilakukan oleh Camat Selopampang, didampingi Kapolsek dan Danramil Selopampang,  Komite Sekolah, para Kepala Sekolah SD dan SMP se Kecamatan Selopampang dan Pengurus PGRI Kecamatan Selopampang.

Camat Selopampang Budiyanto memberikan apresiasi atas kreativitas guru dan siswa dalam rangka mewujudkan Pelajar Pancasila melalui pelestarian Batik Temanggung.

Camat Selopampang bersama Forkompimca dan Komite Sekolah menyaksikan karya siswa pada Gelar karya P 5 SMP Negeri 2 Selopampang (Dok. pribadi)
Camat Selopampang bersama Forkompimca dan Komite Sekolah menyaksikan karya siswa pada Gelar karya P 5 SMP Negeri 2 Selopampang (Dok. pribadi)

Sementara itu Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Selopampang Agus Sugiyanto mengatakan, pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila meliputi 8 tema yang akan dilaksanakan selama 3 tahun mulai kelas 7.

"P 5 di SMP Negeri 2 Selopampang dilaksanakan kelas  7 sebanyak 4 kelas dengan Tema 1 Semester 1 Gaya Hidup Berkelanjutan dengan kegiatan Pengelolaan Sampah, salah satu produk adalah kompos. Nah hari ini gelar Tema 2 Batik dimana kedepannya juga akan memproduksi Batik Temanggung", ujarnya.

Sejumlah Siswa dan Guru di SMP Negeri 2 Selopampang Temanggung melepaskan Balon ke Udara (Dok. pribadi)
Sejumlah Siswa dan Guru di SMP Negeri 2 Selopampang Temanggung melepaskan Balon ke Udara (Dok. pribadi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun